Ini Penyebab Bau Kaki dan Cara Mengatasinya. Wajib Tahu!

By Ifrani Rani, Kamis, 7 Juni 2018 | 00:15 WIB
bau kaki (Ifrani Rani)

Bau kaki dan bau badan merupakan hal yang dapat menimpa siapa saja. Kedua hal ini tidak diketahui oleh orang yang memilikinya, orang lainlah yang akan menyadari baunya terlebih dahulu.

Bau kaki dapat disebabkan oleh 2 hal, yaitu bromhidrosis dan hiperdrosis. Bromhidrosis merupakan sekelompok bakteri di tubuh yang memprodukasi bau. Sedangakn hiperdrosis merupakan produksi keringat berlebih.  Kaki memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat yang memproduksi 570 ml keringat setiap harinya.

Jika bakteri dan keringat bercampur makan akan menghasilkan yang namanya isovaleric acid. Isovaleric acid merupakan zat yang berbau tidak sedap. Selain itu bau kaki juga dapat disebabkan oleh, kurang menjaga kebersihan kaki, kaos kaki, dan sepatu, menggunakan sepatu yang sama setiap hari tanpa mencuci atau menjemurnya, dan stress belebihan.

Jika sudah terlanjur memiliki bau kaki yang tidak sedap, dapat kita atasi dengan bebebrapa bahan alami berikut ini.

1. Garam

berfungsi untuk mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. 

Caranya, campurkan garam dengan 1 baskom air hangat, lalu rendam kaki selama kurang lebih 20 menit. Lakukan setiap hari, ya!

2. Cuka

Cuka memiliki kadar asam yang tinggi, sehingga efektif untuk membuunuh kuman penyebab bau pada kaki.

Caranya, campurkan segelas cuka dengan sebaskom air hangat, dan rendam selama 15 menit.

3. Baking Soda

Baking soda atau soda kue terbukti dapat digunakan untuk menghilangkan bakteri. Selain untuk membasmi bau kaki, baking soda juga dapat digunakan sebagai perawatan kecantikkan. 

Caranya, campurkan segelas baking soda dengan satu baskom air, dan larutkan. Stelah larut rendam kaki selama 10 menit.