Wajib Tahu 5 Hal Kecil yang Bisa Bikin Kita Sakit Saat Mudik Ini!

By Andien Rahajeng, Kamis, 14 Juni 2018 | 10:30 WIB
Selamat mudik, girls! (asiachan.com)

Libur lebaran telah tiba! Saat untuk mudik ke kampung halaman dan berkumpul dengan anggota keluarga yang kita sudah lama enggak temui. Pengalaman mudik ini bisa jadi asyik, tapi bisa juga jadi bencana kalau kita sakit. Siapa sih yang suka sakit saat lagi liburan? Nah, agar lebih waspada, kita wajib tahu 5 hal kecil yang bisa bikin sakit saat mudik ini.

(Baca juga:Perhatikan 5 Hal Berikut Supaya Mudik Lebaran Kita Lancar, Aman, & Nyaman!

Makanan dan minuman enggak higienis

Kalau kita memilih untuk mudik lewat jalur darat dan pakai kendaraan pribadi, kita sudah harus siap menerima risiko macet. Selain macet, ada lagi nih hal yang bikin kita bete saat mudik, yaitu lapar saat macet. Nah, kalau sudah begini, kemungkinan besar kita akan jajan sembarangan.

Hati-hati, girls, kita enggak tahu pasti kualitas dan kebersihan dari jajanan yang dijual di tol atau rest area. Daripada mengambil risiko yang bisa bikin kita sakit saat liburan, baiknya kita bawa bekal dari rumah untuk di perjalanan aja ya.

Over-planning

Selain jadi kesempatan silaturahmi, pulang ke kampung halaman juga bisa kita manfaatkan untuk menambah foto-foto kece buat feed Instagram kita. Betul enggak? He he he. Apalagi kalau kita tahu di kampung kita banyak spot foto yang keren. Mempersiapkan perlengkapan untuk mudik memang harus dilakukan, tapi jangan sampai kita justru stress gara-gara over-planning demi feed Instagram, girls! Gunakan waktu libur ini untuk beristirahat dan relaksasi.

(Baca juga: 7 Camilan Sehat Yang Wajib Kita Santap Selama Mudik Lebaran. Mana Favorit Kamu?

Motion sickness

Nah, hal yang satu ini kemungkinan terjadi kambuhan pada beberapa orang. Motion sickness alias mabuk darat/laut/udara, terjadi karena  jarak pandang yang terlalu dekat saat di dalam mobil dan pergerakan pesawat atau kapal laut. Selain itu, penyakit ini juga bisa terjadi karena kita stress.

Gejala yang kita rasakan adalah mual, pusing, sakit perut, bahkan sampai nyeri otot. Kalau sebelumnya kita sudah pernah mengalami motion sickness, baiknya kita mempersiapkan obat-obatan dan kantong plastik untuk keadaan darurat. Selain itu, perhatikan juga makanan yang kita makan. Pilih yang ringan dan nyaman di perut seperti sup sayuran.