Kita Bisa Coba 5 Cara Ini untuk Membantu Pacar yang Mengalami Depresi

By Andien Rahajeng, Kamis, 21 Juni 2018 | 16:00 WIB
(Riverdale Wiki)

Bagi pengidapnya, depresi cukup rumit untuk dijelaskan. Suatu saat, semuanya baik-baik saja, tapi tiba-tiba ada saja hal yang membuat emosi jadi bergejolak tanpa alasan yang benar-benar jelas.

Depresi bagi banyak orang adalah suatu bentuk penderitaan yang enggak selalu bisa dipahami dan sulit untuk dideskripsikan ke pacar. Terkadang emosi yang dirasakan sudah terlalu overwhelming untuk dijelaskan. Kalau kita punya pacar yang mengidap depresi, bisa coba 5 cara ini untuk membantunya.

(Baca juga:Lakukan 6 Hal Ini Untuk Membantu Teman yang Mengidap Social Anxiety)

Mendengarkan dengan aktif tanpa bertujuan untuk memperbaiki apapun

Saat pacar menceritakan tentang perasaannya pada kita, usahakan kita bisa mendengarkan dengan aktif dan penuh konsentrasi. Jangan hanya sekadar mendengar secara sekilas. Pastikan pikiran kita terbuka dan enggak perlu menunjukkan bahwa kita pengin memperbaiki masalahnya. Orang yang mengidap depresi enggak pengin dikasih tahu dia harus melakukan ini dan itu. Yang dia butuhkan adalah pendengar yang baik.

Ingatkan dia tentang hal-hal positif

Ketika pacar mengalami depressive episodes, merasa terisolasi, merasa gagal, dan berbagai pikiran negatif lainnya, coba yakinkan dia. Ingatkan lagi tentang hal-hal positif tentang dirinya dan berbagai kebaikan yang ada di hidupnya. Pikiran negatif yang ada di kepalanya belum tentu nyata. Ingatkan dia bahwa dia enggak sendirian dan dia enggak gagal. Buat dia yakin bahwa kita akan selalu siap menemani.

(Baca juga:Do’s & Don’ts Yang Wajib Kita Tahu Usai Kencan Pertama Bareng Gebetan)

Bersabar

Kesabaran adalah salah satu sifat yang penting kita miliki jika pacar mengidap depresi, terutama saat dia mengalami masa-masa sulit. Kita akan sering berhadapan dengan berbagai perasaannya yang turun naik.

Suportif

Support system yang baik memang sangat diperlukan. Namun setiap orang punya konsep dukungan tersendiri yang enggak selalu sama dengan orang lainnya. Dukungan bisa berbentuk memberi semangat untuk lebih produktif dan positif. Memberi semangat dapat diterima lebih baik daripada memberi nasehat. Kalau kita belum tahu jenis dukungan apa yang pacar butuhkan, enggak perlu ragu untuk menanyakan langsung padanya.