4 Tanda Kita Mencintai Diri Sendiri dan Siap Berpacaran Menurut Ahli

By Indra Pramesti, Kamis, 28 Juni 2018 | 10:45 WIB
about time ()

Ada sebuah ungkapan yang bilang kalau kita bisa menemukan cinta asalkan kita bisa mencintai diri sendiri terlebih dahulu. Ungkapan ini enggak sepenuhnya salah. Karena ketika kita mulai mencintai diri sendiri, itu artinya kita sudah mengapresiasi kualitas dalam diri kita dan siap buat berpacaran.

Menurut Clarissa Silva, ilmuwan dan ahli percintaan, kemampuan kita buat memahami diri sendiri berkaitan langsung dengan kesiapan kita dalam merasakan cinta.

Memahami diri sendiri dan menyadari apa yang kita inginkan merupakan kunci dalam proses menentukan pacar seperti apa yang kita butuhkan nanti.

Nah, supaya enggak salah, berikut adalah 4 tanda kita udah mencintai diri sendiri dan siap berpacaran!

(Baca juga: 8 Tanda Kita Masih Kurang Mencintai Diri Sendiri. Masih Melakukannya?)

age of youth

Jujur dengan apa yang kita mau

Kalau kita memahami dengan jelas apa yang kita inginkan dalam pacaran, itu artinya kita udah menunjukkan rasa cinta terhadap diri sendiri, nih, girls. Misalnya, alasan kita berpacaran adalah karena pengin ada seseorang yang bisa menghargai dan memotivasi kita dalam menggapai cita-cita.

Memahami kekurangan kita

Menyadari kekurangan dan memberi usaha untuk mengatasinya adalah bentuk mencintai diri sendiri juga. Saat memutuskan buat berpacaran enggak menuntut kita untuk menghilangkan sepenuhnya kekurangan tersebut, kok.

Misalnya, kita sadar diri kalau kita itu keras kepala. Nah, saat sifat buruk ini muncul dalam pacaran, kita jadi tahu gimana cara mengatasinya. Singkatnya, kita jadi tahu cara mengontrol sikap tersebut sehingga bisa berdamai dengan pacar ketika muncul argumen.

(Baca juga: 7 Tanda Kita Enggak Cukup Mencintai Diri Sendiri)