Wajib Tahu! 8 Cara Menenangkan Diri Ketika Kita Overthinking

By Indra Pramesti, Kamis, 28 Juni 2018 | 18:00 WIB
what's wrong secretary kim ()

Jadi orang yang berlebihan dalam berpikir alias overthinking memang enggak mudah. Kita sering dihantui sama pikiran-pikiran buruk yang bahkan belum kejadian. Nah, kalau kita termasuk salah satu si overthinking, nih, mulai sekarang yuk coba menenangkan diri dengan 8 cara berikut!

(Baca juga: 6 Akibat yang Akan Kita Dapatkan Kalau Overthinking Sama Gebetan! Enggak Banget, Deh!)

age of youth

Sadar diri

Menyadari sikap kita yang sering berpikir berlebihan ini penting banget, lho, girls. Dengan sadar kalau kita adalah seroang overthinker, kita jadi tahu kapan kita harus mengontrol pikiran kita yang satu ini ketika mulai ‘kambuh’.

Kapan pun kita merasa meragukan sesuatu, enggak pede, gelisah, atau merasa tertekan, ambil waktu buat diam sejenak dan mulai pahami emosi yang sedang kita miliki.

Jangan berpikir hal yang salah tapi hal yang benar

Perasaan ragu-ragu dalam melakukan sesuatu biasanya muncul karena kita berpikir akan kegagalan yang akan kita alami nanti. Nah, ubah mindset kita yang sellau berpikir soal kegagalan mulu, girls. Ganti dengan mindset kalau hal baik akan berbuah manis lewat usaha yang kita lakukan. Singkatnya, jangan pesimis. Tanamkan semangat buat optimis dan percaya kalau kita bisa jadi orang yang sukses.

Lakukan hal yang menyenangkan

Saat kita mulai overthinking lagi, distract diri kita dengan melakukan hal-hal yang lebih menyenangkan, positif, dan sehat buat pikiran kita. Misalnya seperti meditasi, menari, berolahraga, belajar instrument musik, merajut, menggambar, dan lain-lain.

Put things into perspective

Emang lebih gampang membuat suatu hal jadi makin besar dan negatif dari sebelumnya. Kalau kita udah mulai berandai-andai tentang hal yang buruk, sebaiknya kita tanyakan pada diri sendiri, “Apakah hal ini bakal penting di masa depan buat kita?”