Hati-Hati, Girls! Wajib Tahu 7 Tips Menghindari Copet di Tempat Belanja yang Ramai

By Andien Rahajeng, Rabu, 4 Juli 2018 | 13:35 WIB
Aksi Pencopetan di Tempat Belanja ()

Baru-baru ini, di Twitter beredar rekaman CCTV dari beberapa aksi pencopetan yang terjadi di tempat perbelanjaan. Miniso, gerai fast fashion dan berbagai perlengkapan rumah, menjadi sasaran para pencopet. Brand asal Jepang ini memang sangat digandrungi sejak buka di Indonesia tahun 2017 silam dan selalu ramai pengunjung.

Selain Miniso, tempat perbelanjaan lainnya juga enggak luput dari aksi pencopetan, terlebih bulan-bulan ini banyak yang mengadakan mid-season sale. Dipastikan berbagai mall akan sering ramai.

CCTV pencopetan di Miniso Lippo Mall Puri menunjukkan bahwa aksi ini dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 4 orang pelaku dengan tugas berbeda. Tapi bukan berarti enggak ada aktor tunggal. Makanya, kita harus selalu waspada, girls.

Berikut 7 tips menghindari copet di tempat belanja yang ramai. Wajib tahu!

(Baca juga: 6 Tips Menghindari Penjambretan Saat Naik Ojek Online. Wajib Tahu!)

Pakai tas dengan resleting atau tertutup aman

Kalau berniat belanja di tempat ramai, pilihlah tas yang tertutup aman, terutama yang memiliki resleting. Hindari totebag! Ini adalah sasaran yang paling mudah untuk para pencopet melakukan aksinya.

 

sling bag dengan resleting diposisikan di depan

Sling bag diposisikan di depan tubuh

Sling bag adalah model tas yang paling praktis dibawa ke tempat belanja yang ramai karena lebih menempel ke tubuh kita. Agar lebih aman, posisikan sling bag di bagian depan tubuh dan arahkan resleting atau penutup tas ke arah tubuh kita agar sulit dijangkau pencopet. Jangan di samping, apa lagi di belakang tubuh, girls!

Awasi handphone

Kalau tas kita punya kantong yang concealed dan tertutup resleting, kita bisa simpan handphone kita di dalamnya. Hindari menyimpan handphone di kantong celana atau rok. Kalau kita cenderung pelupa, baiknya jangan memegang handphone saat berbelanja.