Jerawat dan 5 Masalah Kulit Wajah Lainnya yang Wajib Kita Ketahui!

By Marcella Oktania, Minggu, 22 Juli 2018 | 22:00 WIB
jerawat (goqii.com)

Kulit wajah kita enggak bisa terlepas dari berbagai masalah kulit yang ada. Tapi tenang, hal itu normal kok.

Namun, ada baiknya kita mengenal masalah kulit yang paling sering terjadi, yaitu seperti 6 masalah kulit di bawah ini!

(Baca juga: Coba 5 Tips Makeup Ini Agar Wajah Jadi Terlihat Flawless di Kamera)

1. Jerawat

jerawat

Masalah kulit yang pertama pasti sudah enggak asing lagi, yaitu jerawat. Dari kita memasuki masa pubertas hingga sekarang, jerawat pasti jadi salah satu masalah kulit wajah yang susah banget dihilangkan sepenuhnya! 

Jerawat bisa muncul karena berbagai macam hal, seperti produksi minyak berlebih, penyumbatan pori-pori kulit wajah, bakteri penyebab inflamasi pada kulit wajah, hormon, dan benda asing, seperti kotoran, debu, dan makeup yang terlalu lama menempel pada kulit wajah kita.

2. Flek hitam

flek hitam

Flek hitam atau noda kehitaman pada wajah bisa saja muncul karena kita terlalu sering terkena sinar matahari tanpa adanya pelindung. Alhasil, sel yang memproduksi melanin pada kulit kita menjadi rusak dan akhirnya warna kulit kita jadi enggak merata. Oleh karena itu, ada baiknya kita menggunakan sunscreen setiap hari untuk mencegah munculnya flek hitam.

3. Rosacea

rosacea

Rosacea adalah masalah kulit wajah yang akan membuat pipi dan hidung kita kemerahan, bentuk yang mirip seperti jerawat, ataupun pembuluh darah yang terihat di permukaan kulit. Penyebab sebenarnya rosacea memang belum diketahui dengan jelas. Namun, kita bisa mencegahnya dengan cara menggunakan pembersih wajah dan pelembap dengan kandungan anti-inflamasi. 

4. Ingrown hair

kumis

Ingrown hair atau kelainan pertumbuhan rambut yang malah tumbuh ke dalam kulit bisa terjadi karena kesalahan kita menghilangkan rambut halus pada wajah kita. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebisa mungkin hangatkan kulit wajah agar pori-pori terbuka, sehingga rambut halus yang ingin kita hilangkan bisa lebih gampang dihabiskan.