Ini Akibatnya Kalau Main Handphone Hingga Tengah Malam! Ngeri Banget!

By None, Selasa, 7 Agustus 2018 | 17:34 WIB
()

Main handphone sudah menjadi kebiasaan kita sebelum tidur. Biasanya, kita hanya sekadar mengecek media sosial atau sekadar menonton video vlog di Youtube. 

Ternyata, sebuah penelitian di University of Glasgow mengklaim bahwa main handphone hingga larut malam dapat menyebabkan memengaruhi masalah hati, hingga menyebabkan sejumlah masalah psikologis.

Penelitian yang melibatkan 91 ribu orang itu menunjukan bahwa penggunaan handphone hingga larut malam dapat menyebabkan penyakit psikologis, seperti depresi, gangguan bipolar, dan neurotisisme.

(Baca juga : Penjelasan Psikologis Kenapa Sepasang Kekasih Bisa Cepat Bertunangan!)

Diterbitkan di The Lancet Psychiatry, ini adalah studi terbesar untuk menghubungkan gangguan jam tubuh dengan depresi dan ketidakbahagiaan.

Para peneliti berpendapat bahwa itu adalah bukti lebih bahwa kehidupan modern memberikan malapetaka dengan ritme alami seseorang.

Dikatakan, 'Siang hari adalah waktu untuk aktivitas dan waktu gelap adalah waktu untuk tidur.'

(Baca juga : 8 Hal yang Harus Berhenti Kita Lakukan Saat Enggak Bisa Tidur)

Penulis utama, Daniel Smith dari University of Glasgow menganjurkan pada jam 10 malam untuk berhenti menggunakan ponsel dalam upaya memerangi 'pola tidur yang sangat buruk'.

"Saya pikir ini masalah kesehatan penting, karena begitu banyak dari kita hidup dengan ritme sirkadian yang terganggu (siklus 24 jam alami tubuh)," katanya.

Ia menambahkan, "Tidak mungkin gaya hidup saat ini itu baik untuk kesehatan Anda. Begitu banyak orang tinggal di lingkungan kota yang penuh dengan cahaya 24/7."

Para peneliti mempelajari peserta yang berusia 37 hingga 73 tahun, memantau tingkat aktivitas mereka dengan akselerometer pergelangan tangan.

(Baca juga : Komparasi Foto Yang Menunjukkan Perubahan Kota Seoul Selama 30 Tahun. Bikin Enggak Nyangka!)

Akselerometer ini dikenakan selama tujuh hari, memungkinkan para peneliti untuk mengukur sejauh mana siklus alami tubuh mereka terganggu.

Para peneliti juga melakukan pemeriksaan untuk mengukur kesejahteraan psikologis peserta dan menemukan bahwa kira-kira satu dari 25 orang tidak lebih aktif di siang hari daripada malam hari.

Orang-orang ini 11% lebih mungkin mengalami gangguan bipolar dan 6% lebih mungkin berjuang melawan depresi.

(Baca juga : Kita Sudah Siap Merasa Bahagia Jika Menerima 4 Hal Berikut!)

Penelitian juga melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih rendah dan tingkat kesepian yang lebih besar.

Meskipun mungkin hasil penelitian ini tidak bisa disamakan dari seluruh peserta yang dipelajari, Daniel mengatakan bahwa bukan berarti hasilnya tidak signifikan.

"Ini penting karena ini adalah temuan yang sangat konsisten untuk kesehatan mental dan hasil kognitif yang negatif ini," katanya.

 

Artikel ini pernah tayang di Nakita.id dengan judul "Jangan Main Ponsel Setelah Jam 10 Malam, Ini Penjelasan dari Ahli."