7 Film dengan Tema Kemerdekaan Indonesia Ini Wajib Kita Tonton!

By Indah Permata Sari, Jumat, 17 Agustus 2018 | 12:05 WIB
Tanah Air Beta (foto : nindaa17.blogspot)

Tiap tanggal 17 Agustus, kita merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Hari ini di tahun 1945, ada banyak kejadian yang bersejarah baik sebelum tanggal 17 maupun sesudah tanggal 17 Agustus.

Sebagai warga negara Indonesia, sebaiknya kita tahu bagaimana perjuangan para pahlawan dulu saat memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Untuk itu, penting bagi kita buat menonton film-film tentang kemerdekaan Indonesia. Ini dia 7 film dengan tema Kemerdekaan Indonesia yang wajib kita tonton!

Merah Putih

Film ini menceritakan perjuangan orang-orang melawan tentara Belanda pada tahun 1947. Ada Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu),Soerono (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya) yang merupakan lima kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang Jawa Tengah.

Masing-masing mempunyai latar belakang, suku, dan agama yang berbeda. Suatu ketika, kamp tempat mereka berlatih diserang tentara Belanda. Seluruh kadet kecuali Amir, Tomas, Dayan dan Marius terbunuh. Mereka yang berhasil lolos, bergabung dalam pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Disana,mereka menemui strategi untuk mengalahkan banyak pasukan Belanda

Darah Garuda

Lanjut dari film Merah Putih, sekelompok kadet heroik yang bergerilya di pulau Jawa pada tahun 1947 ini terdiri dari empat cowok bersatu dengan nekat untuk menyerang kamp tawanan milik Belanda, demi menyelamatkan para perempuan yang mereka cintai.

Para kadet ini terhubung dengan kantor pusat Jendral Sudirman yang mana mereka diberi sebuah tugas sangat rahasia di belakang garis musuh di Jawa Barat. Mereka harus menembus ke dalam hutan, hingga bertemu dengan kelompok lain dari separatis Islam, juga sekutu baru dan juga musuh.

(Baca juga : Geng Pertemanan di 7 Film Indonesia yang Terkenal)