Bahaya Enggak Sih, Masih Menggunakan Lipstik saat Sedang Makan?

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Senin, 24 September 2018 | 19:00 WIB
Let's Eat (asianfixations.com)

Penggunaan lipstik pada bibir akan membuat tampilan kita menjadi segar dan enggak pucat. Pastinya setiap cewek pengin lipstiknya tahan lama dan enggak hilang selama berkegiatan kan?

Saat sedang makan atau minum, warna lipstik kita biasanya akan memudar bahkan hilang yang bikin kita harus touch up lagi.

Suka kepikiran enggak sih, gimana kalau lipstik yang kita gunakan itu ikut tertelan bersama makanan yang kita santap? Memang sedikit sih, tapi kalau kita menggunakan lipstik setiap hari?

Sebenarnya bahaya enggak sih kalau kita tetap menggunakan lipstik saat sedang makan? Yuk langsung disimak penjelasannya!

Baca Juga : Jangan Minum Kopi di 4 Waktu Terlarang Ini! Efeknya Bisa Negatif!

Kandungan berbahaya pada lipstik

Lee Sung Kyung

Sebagai salah satu produk makeup yang sering dipakai, seharusnya lipstik memang harus terbebas dari kandungan yang berbahaya.

Tapi enggak bisa dipungkiri kalau masih ada aja lipstik yang mengandung beberapa kandungan berbahaya, seperti: timbal, parafin, peawarna sintetis yang bukan untuk pewarna makanan, dietilen glikol, hingga merkuri. Setiap bahan ini mempunyai efek buruk jika masuk ke dalam tubuh. Yuk bahas satu-satu!

Seandainya lipstik kita mengandung timbal yang lebih dari ambang batas dan masuk ke dalam tubuh kita saat makan, maka bisa menimbulkan gangguan sistem saraf, saluran kemih, sistem reproduksi, hingga menimbulkan kanker!

Lipstik yang mengandung parafin akan memicu pengikisan pada email gigi. Kalau lipstik dengan kandungan ini digunakan secara terus menerus, bisa-bisa gigi kita jadi keropos dan berlubang lho!

Jika lipstik kita menggunakan pewarna sintetis yang berbahaya dan merkuri, maka bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dietilen glikol pada lipstik juga bisa merusak kinerja ginjal kita. Serem kan?