Mulai dari Mi Instan Hingga Lele, 5 Kabar Kesehatan ini Ternyata Hoax

By None, Senin, 22 Oktober 2018 | 14:37 WIB
Berita Hoax (Megapolitan kompas)

Cewekbanget.id – Banyaknya informasi kesehatan yang menyebar di media sosial, menimbulkan pertanyaan pada publik apakah kabar atau informasi tersebut akurat?

Seperti video yang beberapa waktu lalu beredar di media sosial yang memperlihatkan kopi luwak bersachet mengandung bubuk mesiu.

Seakan sedang menunjukkan bukti, orang-orang mulai mempraktikkan 'hasil temuan' itu dengan menaburkan bubuk kopi tersebut ke bara api kecil.

Baca Juga : 9 Kalimat Sakti Cewek yang Ditakuti Para Cowok Jika Diucapkan

Hasilnya, api itu akan semakin membesar seiring banyaknya bubuk kopi yang disiramkan.

Ternyata kabar ini adalah bohong, sebab semua minuman bubuk akan menghasilkan kobaran api yang sama dan ini aman dikonsumsi.

Selain kopi itu, sebelumnya juga sempat terdengar kabar kesehatan lainnya yang ternyata hoax.

Baca Juga : Diberi Nama Mannat, Intip Rumah Mewah Bak Istana Milik Shahrukh Khan

  1. Kecanduan gadget tidak menyebabkan kanker

Gadget, khususnya ponsel memang memancarkan gelombang elektromagnetik radiasi yang bisa meningkatkan risiko penyakit tumor atau kanker.

Tetapi, menurut Herlina Uinarni, dr. Sp Rad (K), hingga saat ini belum ada bukti yang menyatakan secara pasti radiasi ponsel dapat menyebabkan penyakit di atas.

"Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel adalah sejenis gelombang microwave yang termasuk dalam jenis radiasi non-ionisasi dan levelnya tergolong rendah.

Baca Juga : Bisa Picu Penyakit, Jangan Lagi Mengoleskan Lip Balm dengan Jari