Pilot: Jika Terjadi Kecelakaan Pesawat, ini yang Harus Dilakukan Penumpang

By None, Jumat, 2 November 2018 | 11:40 WIB
(Travel Kompas)

Cewekbanget.id– Kecelakaan pesawat Lion Air JT610 dengan ruti Jakarta-Pangkal Pinang masih terus diberitakan di berbagai media.

Sebelum benar dipastikan pesawat Lion Air JT 610 terjatuh di perariran dekat Karawang Jawa Barat, Senin (29/10/2018) pagi, pesawat yang membawa 189 orang tersebut dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018 sekitar pukul 06.33 WIB.

Musibah memang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Baca Juga : Sukses Bikin Fans Cha Eun Woo Baper, ini Alasan Beby Tsabina Selalu Bisa Bertemu Seleb Korea

Untuk mengantisipasi hal buruk, kita harus siap siaga menghadapi segala kemungkinan yang terjadi, termasuk saat bepergian dengan pesawat.

Apa yang dilakukan seorang penumpang di menit-menit terakhir sebelum kecelakaan pesawat sangat penting untuk kelangsungan hidupnya.

Dave Inch, seorang kapten pesawat Boeing 787 - pesawat yang digunakan oleh maskapai seperti American Airlines dan Air Canada - berbagi tips yang harus kita lakukan saat terjebak dalam sebuah pesawat yang mengalami kecelakaan.

Cara ini bisa menghindarkan kita dari risiko kematian saat berada dalam kondisi kecelakaan tertentu atau di saat pesawat harus mendarat darurat.

Baca Juga : Dukung Seleb Kpop Favoritmu di MAMA 2018. Berikut Nominasinya!

Inch mengatakan, penumpang harus melakukan persiapan untuk melakukan pendaratan darurat.

Ia juga menyarankan kita untuk menyingkirkan semua benda tajam dari kantong, mengendurkan ikat pinggang, melepaskan dasi atau syal serta menyingkirkan sepatu hak tinggi.

"Lepas kacamata saat mendarat darurat sehingga tidak terjatuh dan membantu kita melihat jalan keluar saat membutuhkannya," ucapnya.