CewekBanget.ID - Viral video emak-emak memaki kurir saat COD (Cash on Delivery) mencuri perhatian netizen.
Video emak-emak memaki kurir saat COD ini menyulut emosi publik, melihat sikap seorang perempuan yang ada di dalam video dan dia enggak segan memaki serta mengucapkan kata kasar pada kurir.
Kronologi emak-emak memaki kurir saat COD ini adalah ketika konsumen atau pembeli yang merupakan perempuan paruh baya menolak untuk mebayar pesanannya ketika kurir mengantarkan paket.
Baca Juga: Cerdas Mengatur Keuangan, Ini 4 Jenis Investasi yang Pas Bagi Remaja!
Emak-emak tersebut langsung membuka paket tanpa membayar terlebih dahulu, dan setelahnya dia pun menyatakan kalau barang yang dikirimkan penjual enggak sesuai dengan apa yang dia pesan.
Dari pihak kurir, dia sebenarnya meminta emak-emak ini untuk membayar pesanan terlebih dahulu, karena kalau bungkus paket berubah dan dikembalikan ke penjual, maka ada kemungkinan penjual enggak mau menerima lagi.
Sambil memasukkan kembali barang ke dalam bungkus paketan, emak-emak ini masih terus mengomel dan memaki kurir.
Video makian ini viral di media sosial, termasuk Twitter hingga TikTok.
sabar banget bung kurir ❤️ pic.twitter.com/JuhHYH7ubp
— Minke Akik (@bukuakik) May 15, 2021
Baca Juga: Andrea Meza, Miss Universe 2020 Lulusan TIK yang Didominasi Cowok!
YLKI Minta Konsumen Diedukasi
Dilansir dari laman kompas.com, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), ikut berkomentar atas video pembeli yang viral ini.
Sekretaris YLKI, Agus Suyatno, mengatakan, "Yang perlu lebih mendapat edukasi adalah konsumen.
Kita harus mengakui masyarakat kita masih gagap teknologi dan tidak secara pintar melakukan pembelian melalui e-commerce."
Perbuatan yang Viral Ini Tidak Bisa Dibenarkan
Ketua YLKI, Tulus Abadi, kepada Tribunnews menjelaskan kalau keluhan konsumen memang berhak untuk didengarkan, namun kalau keluhan disertai dengan makian dan hujatan maka enggak bisa dibenarkan tindakan tersebut.
"Kendari konsumen berhak didengar keluhannya dan diselesaikan masalahnya.
Namun tindakan merendahkan, mengumpat, dan menghujat ketika komplain adalah tindakan yang tidak bisa dibenarkan."
Baca Juga: Sabar Sampai Bisa Ditonton di Bioskop, A Quiet Place II Bakal Lebih Menegangkan!
Duh, jangan ditiru yaa girls, sikap arogansi dari pembeli yang viral ini.
Kalau ada keluhan, sebaiknya cari jalan keluar masalah dengan tenang dan enggak sampai menyakiti bahkan merugikan orang lain.
(*)
Penulis | : | Indah Permata Sari |
Editor | : | Indah Permata Sari |
KOMENTAR