CewekBanget.ID - Buat kita pencinta dunia fashion dan beauty, pasti sudah enggak asing lagi kan dengan website Stylo Indonesia?
Yup! Berbagai informasi lengkap seputar dunia fashion dan beauty bisa kita temukan si Stylo Indonesia, yang termasuk dalam grup Grid Network - KG Media.
Selain memberikan informasi seputar dunia fashion dan beauty, Stylo Indonesia juga rutin mengadakan survey seputar fashion dan shopping, untuk para fashion enthusiast dan fashion brands, lho!
Kali ini, Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022 melibatkan 1.627 responden, dengan persentase 91 persen (91%) mayoritas perempuan dari seluruh kota di Indonesia.
Survei yang berlangsung selama 12 hari yakni mulai dari 1-12 November 2021 ini rutin diselenggarakan sejak tahun 2019 lalu.
"Stylo Indonesia memang rutin menggelar survei tahunan seperti Stylo Beauty Landscape tahun 2020, kemudian diikuti Stylo Beauty Landscape 2021, serta terbaru adalah Fashion & Shopping Landscape 2022," ujar Ridho Nugroho, M.IKom sebagai Founder Stylo Indonesia sekaligus Head Fashion Beauty Grid Network Kompas Gramedia.
Banyak hal menarik yang muncul berdasarkan Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022, lho!
Penasaran apa saja itu? Yuk, simak 5 hal menarik hasil dari survey tahunan yang diadakan Stylo Indonesia!
Tujuan diadakannya survey
Sebelum mengetahui hal-hal menarik yang muncul dari hasil survey yang diadakan Stylo Indonesia, kita cari tahu dulu tujuan survey ini diadakan, yuk!
Berdasarkan penjelasan Ridho Nugroho, survei ini bertujuan untuk menangkap persepsi dan preferensi para fashion enthusiast terhadap tren fashion 2022.
"Alasan saya dan Stylo Indonesia mengadakan Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 adalah sebagai kelanjutan dari dukungan Stylo Indonesia untuk membantu para fashion enthusiast serta para brand fashion dan marketplace dalam mendapatkan informasi mengenai preferensi sekaligus intensi masyarakat atau konsumen dalam hal berbelanja barang fashion di sepanjang tahun 2021 ini serta untuk tahun 2022 nanti," jelas Ridho.
Ridho juga menjelaskan, bahwa dalam sekitar 20 pertanyaan survei untuk Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 sangat fokus pada 4 hal.
Pertama, terkait tren fashion dan kebiasaan berbelanja responden di masa pandemi, kedua tentang produk fashion yang masih dibeli saat pandemi dan perubahan selera berpakaian.
Fokus ketiga, tentang bujet untuk berbelanja fashion, dan keempat, terkait belanja fashion online di marketplace dan e-commerce.
Fyi, dalam pelaksanaan Stylo Fashion Shopping Landscape Survey 2022, Stylo Indonesia didukung penuh oleh StratX KG Media.
Instagram jadi platform yang sering digunakan
Beralih ke hasil survey, ternyata dari 20 pertanyaan survei yang disebar kepada para audiens yang merupakan fashion enthusiast, dapat ditarik kesimpulan bahwa audiens cukup memperhatikan tren fashion di masa pandemi.
Selain itu, dari hasil survey juga diketahui bahwa Instagram adalah platform yang paling sering digunakan untuk mendapatkan informasi seputar tren fashion terbaru.
Baca Juga: Ada yang Beli Padahal Enggak Butuh, Ternyata Ini 3 Tipe Zodiak Saat Belanja!
Pengaruh influencer terhadap preferensi fashion
Hal menarik lainnya dari hasil survey adalah bahwa influencer punya pengaruh penting terhadap preferensi fashion para responden, lho!
Beberapa nama influencer yang muncul di hasil survey adalah Dian Pelangi (Designer), Tasya Farasya (Beauty Vlogger), Zaskia Sungkar (Artist) dan Rachel Vennya (Selebgram).
Banyak responden yang menyukai konsep fashion berkelanjutan
Hasil lainnya, ternyata ada 46% audiens yang menyukai konsep fashion berkelanjutan nih, girls.
Bahkan, 32% lainnya sangat tertarik dengan konsep fashion berkelanjutan.
Selain dengan alasan dapat mengurangi dampak buruk pada lingkungan, fashion berkelanjutan salah satunya seperti preloved, memudahkan audiens untuk mendapatkan produk branded dengan harga murah.
Baca Juga: Fast Fashion, Masalahnya di Dunia dan Apa yang Harus Kita Lakukan!
Pengeluaran belanja fashion berkurang
Selama pandemi, pengeluaran audiens dalam berbelanja fashion item ternyata mengalami pengurangan.
Namun, para responden dapat membeli produk fashion kapan saja dengan anggaran maksimal Rp 300.000.
Shopee dan Zalora menjadi toko online favorit audiens
Terakhir, dari hasil survey diketahui bahwa toko online favorit audiens adalah Shopee dan Zalora.
Sedangkan fashion item yang kerap dibeli audiens secara online adalah atasan, bawahan, dan hijab online, mereka percaya pada kualitas dan harga.
Selain itu, Ridho Nugroho juga berharap survei ini ke depannya dapat menjadi guidance bagi brand fashion atau para pelaku industri fashion.
"Harapannya semoga Stylo Fashion & Shopping Landscape 2022 dapat menjadi guidance bagi semua pelaku industri Fashion serta masyarakat luas baik dalam segi strategi bisnis, penyusunan kampanye promo hingga arah tren fashion 2022 yang berkorelasi dengan minat selera pasar secara nyata. Tentu saja ini juga menjadi bukti keseriusan Stylo Indonesia untuk menjadi satu-satunya Top 1 brand media digital Fashion & Beauty di Indonesia," jelas Ridho.
(*)
Penulis | : | Elizabeth Nada |
Editor | : | Elizabeth Nada |
KOMENTAR