CewekBanget.ID - Karena pandemi COVID-19 yang belum berakhir, enggak heran kalau banyak industri yang masih menerapkan work from home (WFH), nih.
Makanya sekarang kita mengenal rapat online yang menggunakan panggilan video.
Cara ini dianggap cara paling efektif untuk berkoordinasi dan berkomunikasi jarak jauh dalam dunia pekerjaan, biar tetap sesuai dengan visi dan misi perusahaan.
Namun, masih banyak orang yang enggak punya etika baik saat melaksanakan rapat online, lho.
Hal ini bikin kita terlihat enggak profesional di depan teman kerja dan atasan.
Dilansir dari Lifehack via Parapuan, ini 5 etika rapat online yang wajib kita taati biar tetap terlihat profesional.
1. Datang Tepat Waktu
Dalam melakukan panggilan video, terkadang masih banyak orang yang datang terlambat.
Sebaiknya, berusahalah untuk datang lima menit lebih awal supaya lebih tenang.
Jika kita terlambat, terkadang kamu tak selalu dilihat host dan tak bisa segera masuk ke ruang panggilan.
Tak sampai di situ, terlambat datang panggilan video juga bisa membuatmu dianggap enggak menghormati jadwal orang lain, lho.
Baca Juga: Udah Mulai Full WFO, Throwback Urutan Goldar Paling Enggak Peduli Penampilan Selama WFH
2. Senyapkan Ponsel dan Matikan Perangkat Lain
Saat sedang melakukan panggilan video grup atau konferensi video, ada baiknya untuk mengatur ponsel dalam keadaan senyap dan mematikan perangkat lain.
Nada dering yang bising dapat mengganggu jalannya panggilan. Kamu bisa mematikan suara notifikasi di komputer yang digunakan untuk rapat.
Hal tersebut dilakukan karena bunyi dari pesan masuk bisa mengganggu dan memotong percakapan.
3. Kenakan Pakaian yang Terlihat Profesional
Saat melakukan panggilan video dan menyalakan kamera, penting untuk berpakaian dengan rapi.
Dalam hal ini, pakailah pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan.
Pastikan pula kamu mengenakan baju yang membuatmu terlihat profesional.
Mengenakan pakaian akan membantumu merasa lebih percaya diri dan orang lain akan menganggapmu lebih serius.
Baca Juga: Kelamaan WFH Bagaimana Cara Kembalikan Mood Ngantor Lagi Ya?
4. Latar Video dan Pencahayaan Bagus
Saat melakukan panggilan video, jangan lupa untuk memperhatikan latar yang muncul di belakangmu saat menyalakan video.
Baju atau kasur yang berantakan bakalan bikin kita kelihatan jorok dan enggak profesional, lho.
Sebaliknya, hadirkan ruang yang rapi dan teratur kepada teman kerja, ya.
Selain itu, penting juga bagimu untuk memilih tempat dengan kondisi pencahayaan yang baik bagi kamera.
5. Persiapan untuk Berbagi Layar
Saat melakukan panggilan grup, ada kalanya kita harus membagikan dokumen melalui fitur share screen atau berbagi layar.
Dalam hal ini, rapikan berbagai dokumen yang terlihat dari desktop.
Selain itu, tutup program lain seperti obrolan, pemberitahuan kalender, dan email. Nonaktifkan notifikasi pop-up untuk memastikan enggak ada gangguan.
Setelah berbagi layar, jangan lupa untuk menekan "berhenti berbagi" untuk kembali ke layar dengan peserta.
Baca Juga: Merasa Capek Setelah Kelas dan Rapat Online? Ternyata Ini Penyebabnya!
Jangan lupa terapkan etika ini di dunia kerja biar kita profesional di hadapan teman kerja dan atasan, ya!
(Firdhayanti/Parapuan)
Artikel ini telah tayang di Parapuan dengan judul "Terapkan 5 Etika Ini Saat Lakukan Panggilan Video Grup di Dunia Kerja"
(*)
Source | : | Parapuan |
Penulis | : | None |
Editor | : | Marcella Oktania |
KOMENTAR