Cewekbanget.ID – Ketertarikan masyarakat akan berbagai produk kecantikan dan perawatan tubuh, khususnya skincare, semakin meningkat di tengah pandemi Covid-19.
Menurut data laporan Badan Pusat Statistik (BPS) 2021, industri kosmetik mengalami peningkatan sebesar 9,61 persen. Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga mencatat, jumlah perusahaan yang bergerak di industri kosmetik juga meningkat hingga 20,6 persen.
Kemudian, pelaku industri kosmetik mengalami pertambahan menjadi 913 industri semenjak 2021 hingga Juli 2022. Peningkatan tersebut didominasi oleh usaha kecil menengah (UKM), yakni sebesar 83 persen.
Tingginya minat masyarakat akan produk kecantikan mendorong Tokopedia sebagai e-commerce terbesar di Indonesia kembali menggelar ajang Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2022. Sebagai informasi, ajang ini digelar untuk mengapresiasi produk kecantikan dan perawatan diri lokal.
Baca Juga: Siap Nonton Konser Tahun Ini? Yuk, Tampil On-Point dengan Trik Make-up Ini
Melalui ajang penghargaan tahunan tersebut, Tokopedia mengumumkan 25 produk terbaik dari merek lokal kecantikan dan perawatan diri versi pilihan masyarakat yang sering dibelanjakan.
Hasil ini ditentukan berdasarkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia sepanjang 1-20 November 2022 lalu.
"Berdasarkan hasil votes, produk kecantikan dan perawatan diri lokal semakin menjadi pilihan utama masyarakat," ungkap AVP of FMCG-Long Tail Tokopedia, Marina Anggraini dalam keterangan tertulis yang diterima Cewekbanget.ID, Jumat (2/12/2022).
Ada pun para pemenang dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas merek di media sosial mainstream hingga perkembangan produk di Tokopedia seperti seberapa sering dicari masyarakat dan peningkatan penjualan yang signifikan.
Lebih lanjut, berikut adalah daftar pemenang TBA 2022 berdasarkan kategorinya masing-masing.
Baca Juga: Berkat Marketplace, 2 Brand Kecantikan Lokal Ini Berhasil Bersaing dengan Brand Ternama
Para pemenang akan mendapat berbagai benefit untuk menunjang usaha. Beberapa di antaranya adalah modal pemasaran berupa saldo beriklan TopAds, badge TBA 2022 yang dapat meningkatkan kepercayaan pembeli, hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri.
Selain TBA, Tokopedia telah menghadirkan banyak inisiatif lain untuk membantu tumbuh-kembang para pegiat usaha lokal kecantikan dan perawatan diri, khususnya usaha mikro kecil menengah (UMKM), sekaligus mempermudah masyarakat mengakses produk mereka.
Inisiatif tersebut mulai dari Tokopedia Beauty Dealight, Beauty Flash Friday, Bangga Buatan Indonesia, dan masih banyak lagi.
Inisiatif Hyperlocal juga terus digencarkan untuk mendekatkan pembeli dengan penjual di mana pun mereka berada. Tujuannya, agar pembeli bisa mendapatkan produk kecantikan dan perawatan tubuh yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien.
Inisiatif ini juga terus digaungkan agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang tanpa harus pindah ke kota besar.
Baca Juga: Mengintip Tren Produk Kecantikan Awal 2022 Versi Tokopedia, Apa Saja?
Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia Sherine Pranata mengatakan, salah satu manifestasi Hyperlocal berupa Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli.
“Ada pula (fitur) Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment) yang memungkinkan penjual termasuk UMKM kecantikan dan perawatan diri menitipkan produk di gudang pintar pada wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, agar masyarakat bisa mendapatkan produk dari para penjual ini dengan lebih cepat dan efisien.” Kata Sherine.
Berkat kehadiran deretan inisiatif tersebut, Tokopedia mencatat berbagai temuan menarik khususnya di kategori Kecantikan dan Perawatan Diri pada kuartal III 2022.
Subkategori paling laris tercatat adalah masker kecantikan, perawatan wajah, dan makeup wajah. Kemudian, wilayah dengan kenaikan jumlah transaksi tertinggi adalah Pandeglang (Banten), Ciamis (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Manado (Sulawesi Utara).
Wilayah dengan kenaikan jumlah penjual tertinggi adalah Bandar Lampung (Lampung), Garut (Jawa Barat), Magelang (Jawa Tengah), Denpasar (Bali), dan Balikpapan (Kalimantan Timur). Sementara wilayah dengan kenaikan jumlah pembeli tertinggi, adalah Muaro Jambi (Jambi), Demak (Jawa Tengah), Alor (Nusa Tenggara Timur), Bantaeng (Sulawesi Selatan), dan Halmahera Tengah (Maluku Utara).
Penulis | : | Nana Triana |
Editor | : | Wandha Nur Hidayat |
KOMENTAR