TULIS
ARTIKEL
 
SIGN IN | SIGN UP
Fashion & Beauty

5 Kesalahan Yang Membuat Kulit Makin Berminyak

  • Astri Soeparyono
  • Posted on : Senin, 31 Agustus 2015

5 Kesalahan Yang Membuat Kulit Makin Berminyak

Girls, ada beberapa perilaku dan kebiasaan yang ternyata malah berpotensi membuat kulit wajah tambah berminyak, lho. Ini dia 5 kesalahan yang sering kita lakukan yang bisa membuat kulit makin berminyak.

 

(Baca juga: 5 Kebiasaan yang Terlupakan Ketika Mencuci Muka)

 

Salah menggunakan pelembap

Neelam A Vashi MD, asisten profesor dermatologi sekaligus direktur riset kedokteran kosmetik dan laser di Boston University School of Medicine menjelaskan, sebagian orang yang memiliki tipe kulit berminyak menggunakan produk seperti minyak kelapa, cocoa butter, atau minyak zaitun untuk melembapkan kulit dan menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Tapi, kebiasaan ini sebenarnya tidak benar.

 

"Sebaliknya, gunakan pelembap yang enggak mengandung minyak dan mengandung gliserin serta bahan lain yang menyerap air ke dalam kulit. Ketimbang menggunakan pelembap berbentuk krim yang membuat lengket, pilih pelembap berbentuk cair, gel, atau serum," saran Neelam A Vashi.


Mengenakan makeup tebal

Vashi menjelaskan, mengenakan makeup tebal dan enggak membersihkannya dengan teliti malah dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebaliknya, ketika membeli produk makeup, pilihlah produk yang enggak mengandung minyak dan mengandung niasinamida, derivatif vitamin B yang terbukti menyerap minyak.

 

(Baca juga: Kesalahan Saat Merawat Kulit Yang Harus Kita Berhenti Lakukan)

 

Menggosok kulit wajah

Banyak orang menganggap kalau menggosok atau rutinitas scrubbing akan menghilangkan minyak. Tapi, anggapan ini ternyata salah. Menurut Adrienne Fay, ahli estetika medis di The Rockoff Center, Boston, menggosok kulit wajah dengan kasar dapat membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak.

 

"Sebaliknya, pilihlah produk perawatan pembersih kulit yang mengandung asam salisilat dan lakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Asam salisilat mampu membersihkan pori-pori dan menghilangkan minyak serta kotoran berlebih," terang Adrienne Fay.

 

Enggak membersihkan wajah setelah berolahraga

Mungkin Anda terlalu lelah setelah berolahraga hingga tidak memiliki tenaga ekstra untuk membersihkan wajah. Namun, selama berolahraga, keringat dan kotoran mampu menyumbat pori-pori termasuk pada wajah. "Sehingga, penting untuk membersihkan wajah usai berolahraga dengan produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolik, atau benzol peroksida," jelas Neelam A Vashi.

 

Terlalu sering membersihkan wajah

Mencuci muka memang membuat kulit semakin halus dan segar, tapi jangan jadikan ini sebagai kebiasaan hingga terlalu sering dilakukan. Neelam A Vashi mengungkapkan, kulit pun membutuhkan minyak alami dan apabila mencuci muka terlalu sering, minyak alami ini akan lebih banyak diproduksi dan membuat pori-pori semakin lebar.

 

"Dermatolog menyarankan Anda cukup mencuci muka dua kali, yakni di pagi dan malam hari. Cuci muka dengan takaran sepertiga dari porsi di dua waktu tersebut apabila kegiatan Anda menyebabkan keringat berlebih," ujarnya.

 

(Baca juga: Kesalahan Fatal Ketika Mencuci Muka)

 

(sakina/female.kompas.com, foto: theglow.com.au)

Penulis :

  • Astri Soeparyono

  • Editor in Chief untuk cewekbanget.id by day, blogger by night. Email me at astri@gramedia-majalah.com :*

KOMENTAR KAMU :

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
v