Grid.ID Networks | Selasa, 22 Agustus 2017 | SIGN IN | SIGN UP

5 Cara Mencari Jurusan Kuliah yang Tepat Untuk Kita

  • Selasa, 18 April 2017 20:57 WIB

Foto: hwn.blog.banjig.net

Jurusan kuliah umumnya mempengaruhi masa depan kita, karena jurusan kuliah terkait dengan pekerjaan yang akan kita geluti nantinya setamatnya dari Universitas. Karena itu, jangan sampai, deh, kita memilih jurusan yang salah. Mumpung masih ada waktu sebelum kita lulus SMA, berikut lima cara mencari jurusan kuliah yang tepat untuk kita.

 

(Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Yang Lulusannya Sangat Dibutuhkan di Indonesia)

 

Sesuaikan Dengan Kemampuan

Salah satu cara memilih jurusan kuliah yang tepat untuk kita adalah menyesuaikannya dengan kemampuan atau bidang yang kita kuasai. Jika tidak, bisa-bisa kita malah kewalahan dalam menyelesaikan kegiatan perkuliahan. Kalau kita punya kemampuan di bidang musik, ada banyak jurusan kuliah terkait dengan musik yang bisa dipilih. Atau kalau kita punya kemampuan public speaking dan suka bersosialisasi, jurusan sosial seperti Komunikasi bisa jadi pilihan. Dengan memilih jurusan sesuai kemampuan, kita akan menjalani perkuliahan dengan semangat dan lulus dengan nilai gemilang.

 

Berdasarkan Cita-Cita & Minat

Tanyakan kepada diri sendiri, apa cita-cita kita? Di mana minat kita? Jawaban dari pertanyaan tersebut bisa dijadikan panduan dalam memilih jurusan kuliah yang tepat untuk kita. Misalnya, kita bercita-cita pengin jadi wartawan, maka kita bisa kuliah di jurusan Komunikasi atau Sastra. Dengan begitu, ketika lulus nanti, kita bisa langsung melamar pekerjaan sesuai dengan cita-cita.

 

Reporter : Ifnur Hikmah
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×