Bukan Lagi Bintik Merah di Kulit, Waspada Gejala Baru Demam Berdarah!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Senin, 8 April 2019 | 12:50 WIB
Gejala baru demam berdarah (floresa.co)

CewekBanget.ID - Sekarang ini kita harus lebih peka lagi sama kesehatan kita ya, girls.

Di cuaca yang terkadang enggak menentu ini biasanya tubuh akan lebih rentan lagi terhadap berbagai macam penyakit.

Salah satunya demam berdarah mengingat meski udah memasuki bulan April beberapa wilayah di Indonesia masih sering diguyur hujan yang intensitasnya tinggi.

Tahu enggak girls, bahwa ternyata sekarang ini gejala demam berdarah enggak lagi hanya sebatas bintik merah pada kulit aja lho!

Di beberapa kasus, penderita demam berdarah bahkan enggak ditemuin bintik merah sama sekali namun menunjukkan gejala yang lain.

Baca Juga : Sikapnya Enggak Ramah, Ini 3 Urutan Teratas Zodiak Cewek Paling Judes!

Dilansir dari Nakita, menurut dr. Hittoh Fattory SpA, dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balikpapan,gejala khas demam berdarah atau DBD enggak lagi seperti dulu yang ditandai adanya bintik merah di kulit dan sebagainya.

"Sekarang tidak semua pasien mengalami gejala seperti itu. Jadi kalau demam panas harus sudah dicek dengan laboratorium, karena gejala demam berdarah salah satunya panas tinggi hingga 40 derajat, harus dilakukan observasi di rumah sakit," kata dr. Hittoh.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Balikpapan Sri Soetantinah juga mengungkapkan hal serupa, nih.

"Indikasinya sudah berubah, intinya semua harus waspada. Termasuk dalam kata siaga. Memang sudah siaga, namun untuk kategori kasus luar biasa ( KLB) belum," ujar Sri Soetantinah.