Enggak Nyangka! 3 Hal Ini Bikin Berat Badan Kita Selalu Naik!

By Istihanah, Minggu, 14 April 2019 | 20:00 WIB
berat badan naik (prevention.com)

Cewekbanget.ID - Kalau kita merasa selama ini sudah melakukan berbagai macam diet, menjaga pola makan, dan olahraga super keras, tapi berat badan tetap naik, bisa jadi ada alasan lain di baliknya.

Cari tahu 3 alasan enggak terduga yang ternyata membuat berat badan kita semakin naik!

(Baca juga: 6 Kesalahan Menurunkan Berat Badan yang Malah Membuat Diet Gagal)

1. Stres

stres

Orang yang stres biasanya jadi malas melakukan berbagai macam kegiatan. Alhasil, tubuh jadi menyimpan banyak lemak karena enggak ada aktivitas fisik dan olahraga yang intens. Selain itu, biasanya enggak memerhatikan makanan, sehingga jadi sering makan-makanan tinggi kalori dan lemak. Enggak heran kalau berat badan kita jadi gampang naik.

2. Masalah pencernaan

sakit perut

Pada umumnya, pencernaan kita akan bekerja 1-2 jam setelah kita makan. Tapi, kalau enggak bekerja dengan baik, hasilnya perut kita akan buncit dan mengalami konstipasi yang parah.

Kuncinya adalah selalu memastikan tubuh kita terhidrasi dengan baik. Makan-makanan berserat juga bisa membantu mengurangi masalah pencernaan, lho.

(Baca juga: Ini 6 Cemilan Malam yang Bisa Kita Konsumsi Tanpa Takut Berat Badan Naik!)

3. Kurang nutrisi tertentu

makan sehat

Kekurangan nutrisi, seperti magnesium, zat besi, atau vitamin D bisa membuat sistem imun terganggu, energi gampang habis, dan metabolisme enggak stabil. Akhirnya, berat badan kita enggak terjaga dan malah semakin naik, deh. Cukupi kebutuhan nutrisi kita dengan baik, ya!