Penting! Bukan Rasa Cemas Biasa, Yuk Mengenal Social Anxiety Disorder!

By Elizabeth Nada, Rabu, 15 Mei 2019 | 13:08 WIB
Drama 'Welcome to Waikiki 2' (foto : hancinema)

Cewekbanget.id - Pastinya hampir sebagian besar dari kita pernah mengalami cemas ataupun khawatir terhadap sesuatu, ya. Mulai dari khawatir saat pertama masuk sekolah atau kuliah, saat magang atau cemas dan khawatir saat ujian dan masih banyak lagi.

Sebenarnya perasaan cemas dan khawatir terhadap sesuatu, apalagi sesuatu yang baru, itu adalah hal wajar, girls. Namun, ketika rasa cemas dan khawatir itu terjadi terus-menerus, sangat hebat dan sulit dikendalikan serta terjadi dengan tidak wajar, bisa jadi kita menderita Social Anxiety Disorder.

Baca Juga: Tutorial Makeup Simpel Tahan Lama Ala Selebgram Hijab, Kiara Leswara yang Cocok Buat Acara Bukber!

Fyi, anxiety disorder atau gangguan kecemasan dibagi ke dalam enam macam gangguan psikis, yaitu generalized anxiety disorder (GAD), serangan panik atau panic attack, obsessive-compulsive disorder (OCD), fobia, social anxiety disorder, dan post-traumatic disorder (PTSD), girls.

Social Anxiety Disorder atau Fobia Sosial

Dasar dari fobia sosial ini adalah perasaan takut akan diamati dan dinilai oleh orang lain. Beberapa situasi sosial yang dapat memicu seseorang merasakan social anxiety disorder, misalnya masuk ke lingkungan baru, harus berbasa-basi, dan dipanggil guru atau atasan di kantor. Yup! intinya adalah situasi di mana seolah-lah kita jadi pusat perhatian.