7 Penyakit Ini Ternyata Bisa Dideteksi Lewat Kondisi Gigi. Termasuk Diabetes!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Jumat, 14 Juni 2019 | 15:40 WIB
gigi putih (Pando Hall)

CewekBanget.ID - Sebenarnya, kondisi bagian tubuh tertentu bisa banget dijadikan sebagai tanda kalau kita lagi menderita suatu penyakit. Termasuk lewat kondisi gigi kita.

Enggak banyak yang tahu bahwa beberapa kondisi pada gigi seperti gusi bengkak hingga gigi yang rusak ternyata bisa mengungkapkan beberapa penyakit yang kita idap!

Yuk mulai lebih peka lagi sama kesehatan, ternyata kondisi pada gigi kita bisa mendeteksi beberapa penyakit di bawah ini. Wajib tahu!

Baca Juga: 3 Zodiak Ini Enggak Suka Pacaran Go Public! Maunya Ngumpet-Ngumpet?

1. Diabetes tipe 2

Gusi merah dan bengkak yang mungkin berdarah adalah ciri khas penyakit periodontal.

Penyakit periodontal disebabkan oleh bakteri di mulut yang menginfeksi jaringan dan membuat plak. Penyakit periodontal juga bisa menyebabkan gula darah lebih sulit terkontrol.

Penelitian menunjukkan bahwa diabetes adalah faktor risiko utama periodontitis, bentuk penyakit periodontal yang lebih serius yang dapat merusak jaringan lunak dan menghancurkan tulang yang menopang gigi.

Faktanya, penderita diabetes tiga kali lebih rentan terkena periodontitis daripada mereka yang enggak menderita diabetes.

Kalau gusi kita berdarah banyak hingga terjadi infeksi, dokter gigi biasanya akan menanyakan apakah kita punya riwayat keluarga diabetes atau enggak.

2. Stres

Gigi gemeletuk bisa menjadi tanda kalau kita sedang dalam tekanan. Seiring berjalannya waktu, hal ini bisa menyebabkan kerusakan gigi, menyebabkan sensitivias dan rasa sakit.

Meskipun enggak ada penyebab pasti dari sariawan, nyatanya orang yang mengalami stres lebih sering menderita penyakit ini, lho!

Kalau kita memiliki lesi putih (atau merah) di mulut yang enggak sembuh dalam dua minggu, itu bisa jadi tanda kanker mulut dan sebaiknya segera periksa ke dokter, ya!