Enggak Selalu Negatif, Ternyata Ini 3 Manfaat Positif dari Stres!

By Elizabeth Nada, Sabtu, 7 Desember 2019 | 18:53 WIB
Drama 'Love With Flaws' (foto : hancinema.net)

Cewekbanget.id - Girls, enggak bisa dipungkiri kalau berbagai aktivitas ataupun tugas-tugas kerap kali membuat kita bad mood dan stres, ya.

Menurut Kathleen Gunthert, profesor psikologi dari American University, stres bisa terjadi ketika seseorang merasakan ketidakseimbangan pada tantangan dan sumber daya yang dimiliki untuk mengatasinya.

Baca Juga: Mulai 2020, WhatsApp Enggak Akan Bisa Dipakai di Handphone Ini!

Fyi, stres sendiri faktanya terbagi dalam dua jenis, yaitu distress yang mengacu pada stres negatif. Kedua, eustress yang mengacu pada stres positif, misalnya memulai masa jadi mahasiswa baru atau ketika memulai pekerjaan baru.

Nah berangkat dari hal itu, girls, kalau selama ini kita selalu beranggapan bahwa stres membawa efek negatif, nyatanya stres juga punya beberapa manfaat positif, lho!

Dilansir dari nationalgeographic.grid.id, sebuah studi yang dipublikasikan pada Psychoneuroendocrinology, menyatakan bahwa stres ringan dan mudah ditangani, seperti eustress, ternyata dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif, yang terkait dengan penuaan dan penyakit.

Yuk, kita intip berbagai manfaat positif stres lainnya yang tak terduga, girls!