5 Film Indonesia Tentang Perempuan untuk Merayakan Hari Kartini!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 21 April 2020 | 11:40 WIB
Film Kartini (foto: thejakartapost.com)

CewekBanget.ID - Selamat Hari Kartinigirls!

Di hari ini, kita merayakan ulang tahun sosok pahlawan perempuan Indonesia R. A. Kartini yang begitu menginspirasi dalam perjuangannya menyetarakan hak-hak perempuan di Indonesia.

Nah, dalam rangka merayakan Hari Kartini, kita bisa mengisi waktu senggang dengan menonton 5 film Indonesia yang bercerita tentang berbagai bentuk perjuangan perempuan, lho!

Baca Juga: 5 Film Tentang Emansipasi Perempuan yang Bisa Kita Tonton di Hari Kartini. Keren Semua!

Kartini (2017)

Film Kartini

Tentunya film rekomendasi pertama adalah biografi tentang sosok perempuan pahlawan Indonesia, R. A. Kartini yang sedang kita rayakan hari ulang tahunnya.

Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini bercerita tentang Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang bertekad mengangkat derajat perempuan setelah melihat ibunya, Ngasirah (Christine Hakim) diperlakukan enggak adil di rumahnya sendiri hanya karena ia enggak memiliki darah ningrat.

Hingga akhir hayatnya, Kartini bersama kedua adiknya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita) memperjuangkan hak-hak perempuan dari segala kalangan, terutama untuk hak menempuh pendidikan karena di zaman itu perempuan enggak boleh bersekolah seperti halnya laki-laki.

Mereka bertiga pun mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Jepara, Jawa Tengah, salah satunya dengan mengembangkan seni ukir yang menjadi ikon Jepara hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Quotes Inspiratif Ibu Kartini yang Bikin Kita Makin Semangat Jadi Cewek Keren!

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)