Apakah Puasa Tetap Sah Kalau Sahur Ketika Azan Subuh Berkumandang?

By None, Senin, 4 Mei 2020 | 03:50 WIB
Ilustrasi Makan Sahur (queensville.com)

CewekBanget.ID - Jadi kewajiban umat Muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini, ada beberapa larangan yang harus kita perhatikan, seperti enggak boleh makan dan minum, serta diwajibkan untuk menahan hawa nafsu.

Nah, supaya kita bisa bertahan seharian enggak makan dan minum, biasanya kita melakukan sahur terlebih dahulu yang dilakukan sebelum waktu subuh.

Namun yang jadi pertanyaan, gimana kalau kita masih sahur padahal azan subuh sudah berkumandang?

Baca Juga: Bikin Haus Seharian, Ini 4 Makanan Sahur yang Bikin Puasa Sulit!

Dikutip dari Kompas.com, Guru Besar Bidang Ilmu Filsafat Pendidikan Islam IAIN Surakarta, Prof. Toto Suharto mengatakan bahwa kalau kita makan sahur di waktu azan subuh secara disengaja, maka akan puasa otomatis bakalan batal.

Ini karena waktu wajib puasa akan dimulai sejak terbitnya fajar shadiq atau waktu dimulainya subuh.

"Imsak itu hanya sebagai bentuk kehati-hatian karena kita tidak mengetahui kapan fajar terbit, maka ada jeda 10 menit dari imsak ke subuh, sebagai kehati-hatian," kata Toto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/5/2020).

Jadi, kalau kita bangun tidur langsung mendengar azan subuh, maka itu tanda dimulainya puasa dan sudah enggak boleh makan.

"Ketika ia makan sahur, maka sama dengan makan di saat puasa, batal puasanya," jelas dia.

Toto mengatakan, Allah SWT berfirman dalam Quran surat Al Baqarah ayat 187 sebagai berikut: "Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.

Baca Juga: Hindari! Ini 3 Menu Makanan Sahur yang Gampang Bikin Gemuk, Lho!

Walau begitu, kalau kita lupa dan lagi makan atau minum saat azan subuh berkumandang, puasa ternyata enggak bakalan batal kok!

"Kalau lupa tidak masalah, misal makan satu piring, tapi lupa, puasanya tetap sah," papar Toto lagi.