Lupa Hari Selama PSBB Bisa Jadi Tanda Stres #HadapiCorona. Awas!

By None, Kamis, 21 Mei 2020 | 04:10 WIB
Ilustrasi pelupa (dailysabah.com)

CewekBanget.ID - Selama masa karantina di rumah, apakah kita sudah mulai lupa hari atau tanggal, girls?

Wajar kalau memang demikian, sebab sudah lebih dari 70 hari kita berjibaku di dalam rumah demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19).

Perubahan pola kehidupan sebelum dan setelah dilanda pandemi membuat sebagian dari kita mengalami disorientasi waktu, terutama karena kita menghabiskan waktu terlalu lama di rumah.

Baca Juga: Bukan Melemahkan, Faktanya Puasa Ramadhan Justru Perkuat Imun Tubuh untuk #HadapiCorona

Dilansir dari Grid Health, disorientasi ini pun membuat orang jadi sulit berkonsentrasi dan lebih lambat berpikir, bahkan sulit mengingat hal-hal remeh seperti hari atau tanggal saat ini.

Nah, bisa jadi disorientasi waktu ini merupakan tanda-tanda kita mengalami stres selama pandemi.

Rutinitas Hilang

Ilustrasi bosen di rumah

Tubuh kita bergantung pada isyarat fisik, sosial, dan lingkungan seperti dari sinar matahari untuk mengatur ritme sirdakian.

Isyarat tersebut tanpa disadari membentuk rutinitas sehari-hari seperti makan, tidur, liburan, sampai ibadah mingguan untuk menandai suatu hari.

Nah, selama kita tinggal di rumah akibat pandemi berbulan-bulan, pola kehidupan dan sejumlah rutinitas pun menghilang dan menyebabkan batas penanda suatu hari yang sebelumnya jelas kini tampak kabur.

Selain itu, hari-hari selama pandemi biasanya habis untuk menuntaskan pekerjaan rumah, sekolah, atau kantor, dan akhir pekan kini enggak lagi leluasa untuk dihabiskan dengan berbagai kegiatan relaksasi seperti menonton konser atau nongkrong.