Cara Jepang #HadapiCorona Meski Abaikan Protokol Kesehatan. Kok Bisa?

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 26 Mei 2020 | 17:10 WIB
Cara Jepang #hadapicorona (Foto: Reuters / the Guardian)

CewekBanget.ID - Hingga saat ini, pandemi virus corona (COVID-19) masih gencar melanda banyak negara di dunia, termasuk Indonesia.

Pandemi ini telah merenggut ribuan jiwa sebagai korban dan membuat banyak kebijakan diubah demi mencegah penyebarannya terus berlangsung, salah satunya penetapan lockdown dan imbauan karantina mandiri demi #hadapicorona.

Tapi ada beberapa negara yang terbukti mampu 'mengalahkan' pandemi virus ini, misalnya Jepang yang justru mengabaikan protokol kesehatan yang diberlakukan di hampir seluruh negara di dunia terkait pandemi.

Di saat kemungkinan gelombang infeksi kedua yang lebih parah selalu ada, Jepang justru sudah mencabut keadaan darurat di negaranya dan mulai menjalani kehidupan normal sejak Senin (25/5/2020).

Baca Juga: #HadapiCorona, Warga Asing yang Masuk Malaysia Harus Bayar Biaya Karantina 500 Ribu per Hari!

Keberhasilan Jepang

Cara Jepang #hadapicorona

Kemunculan kasus positif COVID-19 baru di Jepang kini berkurang tajam menjadi belasan orang dan menandai pandemi yang mungkin hampir berakhir di negara tersebut.

Uniknya, Jepang mampu mencapai level tersebut meskipun sebagian besar kebijakan di sana mengabaikan pedoman standar pemutusan rantai penyebaran virus corona.

Jepang bahkan enggak menerapkan pembatasan pergerakan penduduk, belum lagi bisnis di berbagai sektor mulai dari restoran hingga penata rambut tetap buka seperti biasa.

Mereka juga enggak menggunakan aplikasi berteknologi tinggi untuk melacak pergerakan orang-orang dan enggak memiliki pusat pengendalian penyakit.

Bahkan, ketika negara-negara lain berlomba melakukan pengujian, Jepang hanya menguji 0,2 persen dari populasinya dan menjadi salah satu tingkat terendah di antara para negara maju.