Bingung Bikin CV? Ini Tips Khusus dari HRD Bank Swasta Indonesia!

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 29 Mei 2020 | 12:30 WIB
ilustrasi melamar kerja (foto: freepik.com)

CewekBanget.ID - Girls, salah satu hal paling utama yang selalu ada dalam ketentuan lamaran pekerjaan adalah curriculum vitae (CV).

CV adalah 'brosur' untuk mempromosikan keahlian dan pencapaian kita agar dapat diterima di suatu instansi.

Untuk itu, tentunya kita enggak boleh asal-asalan membuat CV, dong.

Samuel Ray, praktisi HRD sekaligus penulis buku 'Lagi Probation', memberikan beberapa tips yang bermanfaat banget bagi kita yang masih bingung membuat dengan cara membuat CV yang baik.

Selain menulis buku, Samuel juga sering memberikan tips seputar dunia kerja yang bisa kita simak di media sosial pribadinya, @srl789.

Baca Juga: Biar Cepat Diterima Kerja, Ini Tips Membuat CV dan Wawancara Kerja yang Baik!

Tips Bikin CV

CV diibaratkan sebagai 'brosur' untuk mempromosikan apa saja yang kita miliki agar dapat diterima di suatu perusahaan.

Jadi, kita harus membuat 'brosur' kita itu menarik, mudah dipahami oleh recruiter, sekaligus memuat poin-poin penting yang bisa menunjukkan kelebihan kita kepada recruiter.

Ada beberapa format CV yang bisa kita gunakan untuk melamar pekerjaan, di antaranya CV kreatif dan CV klasik tanpa layout dan desain yang ramai.

Samuel sendiri cenderung lebih menyukai CV dengan template dan layout sederhana, tanpa warna yang terlalu mencolok serta pemilihan font yang mudah dibaca.

Soal itu, menurut HR di salah satu bank swasta di Indonesia ini, kembali lagi pada selera dan preferensi masing-masing recruiter.