Kecemasan dan 4 Gangguan Umum Bisa Muncul Bersamaan dengan Depresi!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 26 Agustus 2020 | 12:20 WIB
Ilustrasi depresi (foto : hrzone.com)

CewekBanget.ID - Sekarang ini, tentunya kita sudah cukup paham kalau depresi bukan sekadar soal perasaan putus asa atau dirundung rasa sedih dan tertekan.

Pada kasus lebih lanjut, kondisi depresi seringkali disertai dengan sejumlah penyakit, baik fisik maupun mental, dan mesti segera ditanganin.

Berdasarkan panduan dokter internasional DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 5th Edition), seseorang dinyatakan depresi jika memiliki lima atau lebih gejala-gejala selama minimal dua minggu.

Baca Juga: Jangan Malas Gerak, Minim Aktivitas Fisik Bisa Memicu Depresi!

Gejala ini meliputi suasana hati yang tertekan terutama pada pagi hari, merasa lelah, merasa tidak berharga, kesulitan fokus, enggak bisa tidur, enggak memiliki minat, berpikir tentang kematian, gelisah, dan berat badan turun.

Selain gejala, umumnya depresi juga diikuti dengan sejumlah gangguan atau penyakit lainnya.

Gangguan Kecemasan

Ilustrasi depresi

Kecemasan merupakan respons alami tubuh terhadap stres.

Gangguan kecemasan yang muncul saat depresi dapat berupa perasaan takut yang intens sepanjang waktu. Perasaan ini membuat tubuh menjadi lelah.

Melansir dari Healthline, pada tahap tertentu gangguan kecemasan dapat membuat kita berhenti melakukan berbagai hal, misalnya takut menaiki lift, menyeberang jalan, atau bahkan keluar rumah.

Gangguan Panik

Gangguan panik merupakan salah satu dari jenis gangguan kecemasan.