10 Tips untuk Beresin Media Sosial Kita Saat Melamar Pekerjaan!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 6 Desember 2020 | 17:00 WIB
ilustrasi wawancara kerja (foto: freepik.com)

CewekBanget.ID - Ada satu hal penting yang harus kita ketahui kalau saat ini kita sedang mencari dan melamar pekerjaan nih, girls.

Rupanya, kita enggak hanya memerlukan resume dan pengalaman kerja yang hebat ketika hendak melamar pekerjaan.

Kita juga harus menunjukkan pribadi yang profesional seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan yang akan merekrut, dan di tengah era digital seperti sekarang ini, perusahaan seringkali akan mengintip akun media sosial kita untuk mengecek hal tersebut. 

Sebab, calon atasan atau pemberi kerja pastinya ingin mengenal kita lebih jauh lewat gambaran kita di media sosial.

Makanya, mulai sekarang kita benahi media sosial pribadi kita agar dapat lebih meyakinkan perusahaan kalau kita layak bekerja dengan mereka!

Baca Juga: 7 Hal yang Pantang Dipublikasikan Sembarangan di Media Sosial!

Tampilkan Hal Positif

Calon atasan akan mencari kesesuaian budaya kerja sebanyak mungkin lewat CV, referensi, serta melalui akun media sosial kita.

Meskipun ini bisa menjadi keuntungan besar dalam beberapa hal, tetapi juga bisa merugikan, tergantung pada isi media sosial kita.

Akun media sosial mencerminkan sifat dan pandangan kita, dan itu akan digunakan untuk menilai apakah kita cocok dengan pekerjaan yang ditawarkan atau enggak.

Profil dapat berdampak positif jika kita mengunggah hal-hal yang menunjukkan kita adalah seseorang yang berpengetahuan luas dan ramah.

Di sisi lain, jika kita terus-menerus membagikan hal-hal yang negatif, perusahaan mungkin akan batal merekrut karena enggak pengin mendapatkan orang yang negatif.