Masih Sering Menurunkan Masker ke Dagu dan Leher? Bahaya Banget!

By Salsabila Putri Pertiwi, Jumat, 4 Desember 2020 | 20:51 WIB
Pemakaian masker di China (foto : BBC)

CewekBanget.ID - Alih-alih berkurang, kasus COVID-19 belakangan ini justru menunjukkan peningkatan.

Ini membuat kita perlu kembali mengingat pentingnya menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19 dengan disiplin, termasuk dalam hal penggunaan masker.

Sayangnya, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan malah makin menurun.

Baca Juga: Berapa Kali Masker Kain Bisa Digunakan Setelah Dipakai Berkali-kali?

Bahkan, hingga data 27 November 2020 data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menunjukkan bahwa persentase kepatuhan masyarakat dalam memakai masker hanya 59,32%.

Selain itu, banyak masyarakat masih menggunakannya dengan cara yang salah, misalnya dengan kebiasaan menurunkan masker ke dagu atau bahkan ke leher ketika makan dan minum.

Beberapa orang juga masih terlihat menurunkan maskernya ke dagu atau leher, meskipun enggak sedang makan dan minum, hanya karena alasan kenyamanan.

Padahal, ada dampak kesehatan yang bisa kita alami jika sering menurunkan masker ke dagu atau leher ketika sedang beraktivitas di luar.

Aturan Penggunaan Masker yang Benar

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) pernah mengingatkan agar kita enggak menyentuh masker dengan tangan ketika sedang mengenakannya.

CDC juga turut menyingung aturan lainnya yang masih sulit dipatuhi sebagian masyarakat, yakni untuk enggak meletakkan masker wajah di leher atau dagu.

Masker harus digunakan dengan tepat agar perlindungannya efektif dan cara pemakaian yang tepat adalah pas di wajah, namun tetap memungkinkan kita bernapas dengan baik.