Konsumsi Susu Baik untuk Kesehatan Jantung? Ini Penjelasan Ahli!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 11 Januari 2021 | 11:19 WIB
Ilustrasi penyakit jantung (radionz.co.nz)

CewekBanget.ID - Meski kadang timbul sejumlah perdebatan terkait manfaat baik atau dampak buruk susu terhadap kesehatan jantung, rupanya penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi produk susu baik untuk jantung.

Penelitian itu menolak klaim bahwa mengonsumsi susu atau makan yogurt dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular karena lemak, kolesterol, asam lemak jenuh, dan kemungkinan laktosa.

Studi yang diterbitkan European Heart Journal ini meneliti dampak produk susu pada kesehatan jantung, dan terdiri dari 136.384 responden yang dipantau selama sembilan tahun.

 

Baca Juga: Minum Obat Setelah Minum Susu Boleh Atau Enggak, ya? Ini Kata Ahli!

Studi ini bertujuan untuk menilai dan memahami bagaimana konsumsi produk susu seperti susu, yogurt, keju, dan lain-lain akan berdampak pada kesehatan kita.

Data analisis mengungkapkan bahwa responden dewasa yang mengonsumsi dua porsi atau lebih memiliki risiko penyakit jantung 22% lebih rendah, risiko kematian terkait jantung 23% lebih rendah, dan risiko stroke 34% lebih rendah, dibandingkan dengan orang dewasa yang enggak mengonsumsi susu sama sekali.