Mau Mulai Gaya Hidup Ramah Lingkungan Tahun 2021? Ini Cara Mudahnya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Senin, 11 Januari 2021 | 18:05 WIB
Ilustrasi belanja (travelzoo.com)

CewekBanget.ID - Dengan situasi seperti saat ini, rasanya kita enggan membuat resolusi yang terlalu muluk-muluk untuk dicapai di tahun 2021.

Sebetulnya hal seperti mengubah gaya hidup jadi lebih sehat demi diri sendiri dan lingkungan bisa banget kita jadikan resolusi tahun baru, lho.

Percaya atau enggak, menjaga kelestarian alam adalah salah satu solusi guna menghalau krisis iklim dan mencegah munculnya virus-virus baru, agar enggak terjadi fenomena seperti COVID-19 yang juga berkaitan dengan masalah ekosistem.

Jangan khawatir! Menjaga lingkungan bukan hanya membersihkan sampah di pantai atau menanam pohon di hutan.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan dan dapat dimulai dari rumah.

Baca Juga: Ramah Lingkungan, Ini 3 Rekomendasi Pembalut Kain yang Bisa Kita Coba!

Praktik Ramah Lingkungan

Sampah plastik mengancam kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia, jadi memperketat pemakaian plastik menjadi keharusan.

Cobalah menggunakan peralatan dengan bahan ramah lingkungan yang bisa digunakan berkali-kali dan dapat didaur ulang.

Selain itu, menghemat listrik juga cara lain melindungi lingkungan, sebab sebagian besar sumber energi listrik saat ini masih berasal dari bahan bakar fosil.

Sebagai gantinya, kita bisa mencoba memilih lampu LED, saklar pintar, hingga mengurangi mencuci pakaian terlalu sering karena 82% penggunaan listrik digunakan untuk garmen, seperti mencuci dan mengeringkan.

Bukan cuma menghemat listrik, untuk menjaga lingkungan kita juga harus meminimalkan membuang limbah elektronik, sebab sampah elektronik adalah salah satu bahan yang berbahaya bagi lingkungan.