Produk Makeup Jangan Disimpan Terlalu Lama! Kapan Sebaiknya Dibuang?

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 17 Januari 2021 | 17:00 WIB
produk makeup (flickr.com)

CewekBanget.ID - Mengoleksi makeup jadi hobi banyak orang, mungkin juga bagi kita sendiri.

Tapi tentu kita tahu dong, kalau produk kosmetik enggak boleh disimpan terus, meski membuangnya juga terasa berat di hati?

Kita juga harus paham kapan kosmetik mesti dibuang ya, girls!

Baca Juga: 5 Tips Bikin Makeup Tetap Flawless, Bebas Minyak dan Keringat!

Kapan Harus Membuang Kosmetik?

Kondisi kosmetik yang sudah enggak baik dipengaruhi oleh beberapa kondisi, salah satunya karena kondisi kemasan yang terbuka.

Kosmetik yang kemasannya masih belum dibuka dan diformulasikan dengan baik cenderung akan stabil selama beberapa tahun di suhu kamar.

Namun, ketika kemasan tersebut dibuka, kandungan di dalamnya akan mulai teroksidasi atau terdegradasi karena terekspos udara.

Selain itu, suhu panas dan udara lembap bisa meningkatkan pertumbuhan jamur dan ragi, jadi hindari menyimpan kosmetik di kamar mandi, di mana ada kelembapan, uap, dan panas.

Pilihlah tempat penyimpanan yang sejuk dan kering.

Kosmetik seperti concealer stik yang menyentuh kulit berulang kali juga akan lebih cepat kotor daripada produk dalam kemasan kedap udara seperti botol pompa, sebab ketika produk menggunakan botol, kita enggak mencemarinya pada setiap pemakaian.

Tapi saat kita menyentuh riasan lalu menyentuh kulit dan kembali menyentuh riasan, kita berpotensi menambahkan bakteri ke produk.