Ini 7 Tahapan Gaslighting Dalam Sebuah Hubungan yang Harus Diketahui!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 20 Februari 2021 | 15:40 WIB
Drama 'Moment at Eighteen' (foto : JTBC)

CewekBanget.ID - Penting bagi kita untuk dapat mengenali perilaku gaslighting pada diri orang-orang di sekitar kita, enggak terkecuali diri kita sendiri.

Gaslighting didefinisikan oleh Ensiklopedi Brittanica sebagai teknik menipu dan manipulasi psikologis yang rumit dan berbahaya.

Hasilnya, korban menjadi enggak percaya diri serta sulit membedakan antara kebenaran dan kebohongan, juga membuat korban sangat bergantung pada pelaku dalam hal pikiran maupun perasaan.

Biasanya, pelaku gaslighting berbuat demikian karena enggak suka disalahkan dan narsistik.

Istilah gaslighting mungkin terdengar paling sering terkait hubungan asmara, tapi sebetulnya perilaku ini dapat pula ditemukan di antara hubungan pertemanan, keluarga, hingga profesional.

Berikut ini tahap-tahap gaslighting dalam sebuah hubungan yang harus kita kenali agar dapat kita jauhi sebelum terlambat.

Baca Juga: Gaslighting Bisa Terjadi di Pacaran yang Toxic? Begini Ciri-cirinya!

Berbohong

Gaslighting biasanya dimulai dari kebohongan, misalnya ketika pacar menuduh kita enggak pernah menepati janji atau hal-hal lainnya yang sebenarnya enggak seperti yang dinyatakannya.

Selain itu, pelaku juga kerap membesar-besarkan masalah yang sebetulnya sepele, misalnya perkara enggak pernah mengabari satu sama lain atau enggak mengangkat telepon.

Pokoknya, pelaku terus membentuk situasi seakan-akan korban selalu salah.

Hal itu dilakukan agar korban merasa bersalah dan meragukan diri sendiri.