Orang Terdekat Alami Eating Disorder, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 23 Maret 2021 | 15:20 WIB
Ilustrasi saling mendukung (foto : thoughtcatalog.com)

CewekBanget.ID - Baru-baru ini, sebuah cuplikan video dari acara Indonesia's Next Top Model (INTM) viral di media sosial.

Warganet mengkritik artis Deddy Corbuzier dan Luna Maya yang menjadi juri di acara tersebut karena dianggap melontarkan komentar yang enggak sensitif terhadap salah satu kontestan top 5, Ilene.

Dalam video tersebut, Ilene menceritakan konsep salah satu fotonya di tepi pantai dan menjelaskan bahwa saat itu dirinya telah berhasil melawan depresi serta menerima diri apa adanya.

Menurut keterangan Ilene, ia pernah didiagnosa menderita eating disorder atau gangguan mental terkait kebiasaan mengonsumsi makanan; pada diagnosa pertama, ia mengaku begitu sering makan dan pada diagnosa selanjutnya dirinya justru enggak pengin makan apa-apa.

Baca Juga: Eating Disorder Umumnya Dialami Korban Body Shaming, Kenapa?

Yang mengecewakan, Deddy dan Luna mengomentari kisah Ilene tersebut dengan sinis dan menjadikannya sebagai bahan lelucon, sehingga warganet marah sekaligus bersimpati terhadap Ilene.

Kita memang sebaiknya enggak menganggap enteng masalah mental seperti eating disorder yang dialami seseorang ya girls, karena hal tersebut dapat menyerang siapa saja.

Lantas, gimana ya seharusnya kita dapat menunjukkan dukungan terhadap orang-orang terdekat kita yang mengalami eating disorder?