Tetap Fit Selama Puasa, Ini 4 Tips Atur Pola Makan yang Baik!

By Yussy Maulia, Rabu, 14 April 2021 | 15:48 WIB
Ilustrasi beragam makanan yang sering disajikan untuk menu buka puasa maupun sahur. (Shutterstock)

Cewekbanget.id – Ramadhan kembali tiba. Bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, kamu harus memastikan tubuh tetap fit. Sebab, kamu akan mengalami perubahan pola makan selama puasa.

Jika biasanya waktu makan fleksibel, saat berpuasa kamu hanya bisa makan di waktu berbuka dan sahur saja. Namun ternyata, perubahan pola makan selama puasa bisa berpengaruh pada tubuh, lho.

Mengutip laman Nutrition UK, selama beraktivitas tubuh akan kehilangan banyak kalori dan cairan. Sementara itu, asupan makanan dan minuman terhenti selama jam-jam puasa.

Hal tersebut berisiko membuat tubuh mengalami kelelahan, sakit kepala, dehidrasi, hingga sulit berkonsentrasi. Meski demikian, reaksi yang terjadi selama berpuasa tersebut dianggap tidak berbahaya.

Baca Juga: Duh, Sariawan Jadi Sering Muncul Saat Puasa! Apa Penyebabnya?

Sebab, tubuh akan kembali mendapatkan asupan makanan dan minuman saat berbuka maupun sahur. Oleh karenanya, memperhatikan pola konsumsi selama berpuasa penting supaya tubuh mendapat asupan yang tepat.

Berikut empat tips mengatur pola makan yang baik agar tubuh tetap fit selama puasa. Yuk, catat!

1. Perbanyak asupan air

Baik saat sahur maupun berbuka, memperbanyak asupan air menjadi salah satu hal penting. Seperti disebutkan sebelumnya, tubuh akan kehilangan banyak cairan selama berpuasa.

Melansir laman Fitness First, Rabu (15/4/2020), selama berpuasa tubuh disarankan untuk memperoleh asupan air putih 8-12 gelas.

Baca Juga: Awas, 5 Hal Ini Berbahaya Dilakukan Saat Berbuka Puasa, lho!

Kamu bisa membagi waktu konsumsi air putih antara sahur dan berbuka. Misalnya, minum delapan gelas setelah berbuka dan empat gelas saat sahur.