Praktis dan Bergizi, 5 Makanan Ini Cocok untuk Buka Puasa Anak Kos!

By Salsabila Putri Pertiwi, Sabtu, 24 April 2021 | 09:30 WIB
Ilustrasi beragam makanan yang sering disajikan untuk menu buka puasa maupun sahur. (Shutterstock)

CewekBanget.ID - Menentukan menu sahur dan berbuka puasa mungkin agak tricky bagi kita yang tinggal sendirian, misalnya di tempat kos.

Kadang kendalanya adalah kita harus berbagi dapur dengan penghuni kos lain dan menunggu giliran menyiapkan menu berbuka puasa, padahal azan Maghrib sudah hampir berkumandang.

Selain itu, kita kerap mengabaikan nilai gizi dari makanan yang kita santap saat berbuka puasa karena pengin makanan yang praktis dan siap dikonsumsi begitu waktu berbuka puasa tiba.

Kita juga mungkin sering bingung menentukan menu buka puasa yang bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, agar kita enggak perlu bolak-balik berbelanja bahan makanan.

Padahal ada berbagai jenis makanan yang enak, cepat disajikan, dan tetap bergizi untuk #PowerUpRamadhan kita, lho! Apa saja?

Baca Juga: Sering Rebahan Setelah Sahur dan Buka Puasa? Jangan Lagi, Deh!

 

 

Rendang

Rendang

 

Rendang merupakan jenis makanan berbuka puasa yang kaya protein, bahkan dapat bertahan sampai 2 bulan jika dimasak hingga minyak dan kuahnya menyatu serta bumbu-bumbunya benar-benar meresap.

Pasalnya, rempah-rempah dalam rendang bersifat antimikroorganisme sehingga mampu mengganggu pertumbuhan bakteri merugikan.

Selain itu, ada pula penelitian yang menunjukkan bahwa nutrisi dalam rendang tetap terjaga meski dimasak dalam waktu lama.