Setahun Lebih Kuliah di Rumah, Ini Tips agar Tetap Semangat dan Produktif

By Nana Triana, Kamis, 17 Juni 2021 | 14:34 WIB
Ilustrasi belajar di kampus (Dok. Shutterstock)

CewekBanget.ID – Mengantisipasi penularan virus di area kampus, hingga saat ini seluruh perguruan tinggi di Indonesia masih menerapkan perkuliahan jarak jauh. Aplikasi meeting virtual dan jaringan internet menjadi sarana mahasiswa untuk menimba ilmu.

Sebenarnya kuliah online sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa. Cara belajar seperti ini sudah cukup lama diperkenalkan bagi mahasiswa yang memilih kuliah sambil kerja atau berdomisili di kota yang jauh dari lokasi kampus. Pada masa pandemi Covid-19, sistem perkuliahan online menjadi semakin umum.

Nah, berkuliah dari rumah menawarkan berbagai kelebihan. Seperti sudah disebutkan, mahasiswa jadi lebih bebas mengatur waktu. Hadir di kelas semudah mengklik tombol join meeting saja. Jadi, dalam sehari lebih banyak kegiatan bisa dilakukan.

Jadwal yang lebih fleksibel membuat mahasiswa punya waktu luang untuk menyalurkan kreativitas di luar kegiatan perkuliahan. 

Baca Juga: 4 Pilihan Air Mawar Lokal Murah Biar Kulit Selalu Lembap dan Kenyal!

Selain itu, mahasiswa bisa irit karena tidak perlu keluar ongkos perjalanan dan makan di kantin. Dandanan pun bisa lebih sederhana, asal rapi dan sopan.

Meski demikian, ada juga tantangan yang harus dihadapi mahasiswa saat kuliah dari rumah. Setelah setahun menjalani perkuliahan jarak jauh, kamu juga pasti merasakan bosan ya girls. Hari-hari terasa monoton dan tidak ada kenangan atau aktivitas seru yang bisa dilakukan dengan teman satu angkatan ketika kuliah selesai.

Tantangan lainnya adalah sulit berkonsentrasi.  Suasana rumah tidak selalu kondusif dan kerap mengganggu konsentrasi. Rasa malas pun kadang datang karena suasana rumah pastinya berbeda dengan suasana kelas di kampus.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, girls. Siasati dengan tips berikut supaya tetap semangat, produktif, dan dapat menjaga prestasi belajar. 

Baca Juga: Merasa Kesepian dan Sendirian? Coba 6 Cara Ini Buat Mengatasinya!

Ciptakan ruang belajar yang nyaman

Salah satu kendala saat belajar di rumah adalah situasi rumah yang kurang kondusif. Semenjak pandemi Covid-19 berlangsung hampir semua anggota keluarga berkegiatan di rumah.