Rumus Excel yang Harus Dihapal Buat Memudahkan Pekerjaan Nih!

By None, Senin, 30 Agustus 2021 | 12:05 WIB
Drama 'The Devil Judge' (foto : tvN)

CewekBanget.ID - Rumus excel memang ada banyak yaa, girls.

Kalau mengingat semua rumus excel pasti jadi salah satu kemampuan yang langka deh.

Karena rumus excel biasanya pakai kode-kode yang mungkin sulit banget untuk diingat.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Rumus Buat Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar!

Tapi dari banyaknya rumus excel, ada beberapa rumus dasar yang harusnya kita ingat di luar kepala.

Kalau menguasai rumus excel ini maka akan sangat memudahkan kita dalam bekerja, girls!

Apa saja rumusnya?

Dilansir dari kompas.com via Parapuan.co, ini dia rumus-rumus excel yang harus kita ingat!

1. SUM

Rumus excel yang satu ini digunakan untuk menjumlah data atau menghitung total data, girls.

Caranya, kita bisa mengisi kolom sheet dengan =SUM(cell pertama:cell terakhir)

2. AVERAGE

Nah, kalau kita pengin mencari nilai rata-rata. Kita bisa menggunakan rumus excel Average ini, lho.

Caranya, bisa mengetik =AVERAGE(cell pertama:cell terakhir).

Baca Juga: Rumus Biar Kita Selalu Merasa Bahagia. Wajib Banget Dicoba!

3. MAX

Nah, rumus excel MAX ini berguna untuk mencari nilai tertinggi dan terbesar dalam data.

Caranya, ketik =MAX(cell pertama:cell terakhir) di kolom sheet.

4. MIN

Bedanya dengan MAX, rumus excel ini berguna untuk menampilkan nilai data terkecil.

Kamu tinggal mengetik =MIN(cell pertama: cell terakhir) dalam kolom sheet.

5. COUNT

Rumus ecxel Count ini bukan untuk mejumlahkan, ya.

Melainkan untuk menghitung banyaknya sel pada range data.

Nah, kita bisa mengetik =COUNT(cell pertama: cell terakhir).

Baca Juga: Cara #Girls4TheFuture Pakai Bahasa Indonesia yang Benar Untuk Tulisan!

6. IF

IF ini terbilang rumus excel yang paling populer, lho.

Rumus excel IF ini berguna untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.

Sebab itu, IF punya dua hasil dalam menilai.

Hasil pertama menunjukkan perbandingan yang benar. Sementara hasil kedua menunjukkan perbandingan yang salah.

Caranya, kita cukup ketik =IF(nilai yang ingin dicari, [jika nilai sesuai mana Benar],[jika nilai tidak sesuai maka Salah]

8. VLOOKUP

Rumus VLOOKUP ini berguna untuk menampilkan data dari tabel yang disusun dalam format vertikal.

Kita cukup mengetik -VLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH).

Semoga bermanfaat ya, girls!

Artikel Ini Sudah Tayang di Parapuan.co dengan Judul "8 Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Pekerjaan, Apa Saja?"

(*)