Catat, Begini 4 Cara untuk Mencegah Kanker Vagina yang Berbahaya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Selasa, 16 November 2021 | 23:15 WIB
Ilustrasi vagina (bossip.com)

CewekBanget.ID - Mungkin kita lebih sering mendengar soal kanker serviks alih-alih kanker vagina.

Kanker vagina adalah kanker yang terjadi di vagina, yakni saluran yang menghubung leher rahim dengan alat kelamin bagian luar perempuan.

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker vagina harus diwaspadai karena bisa berbahaya atau mengancam jiwa, sebab kalau enggak segera ditangani kondisi ini dapat membesar dan menyebar ke jaringan sekitar vagina.

Yuk, ketahui cara mencegah kanker vagina agar kita bisa menghindari risikonya!

Baca Juga: Mencukur Rambut Vagina Jangan Asal, Ikuti 4 Tips yang Benar Ini!

Kenali Gejala dan Penanganan Dini

Sebagian besar kanker sel skuamosa vagina diyakini bermula sebagai perubahan pra-kanker, yang disebut vaginal intraepithelial neoplasia (VAIN).

Skrining untuk kanker serviks, seperti dengan Pap test dan tes HPV terkadang dapat mendeteksi prakanker atau masalah yang mungkin menyebabkan pembentukannya.

Nah, jika tanda pra-kanker ditemukan, itu dapat diobati dan kita bisa mencegah terjadinya kanker.

Namun VAIN dan kanker vagina merupakan situasi yang jarang terjadi, sehingga dokter jarang melakukan tes lain untuk mencari kondisi ini pada perempuan yang enggak memiliki gejala atau riwayat pra-kanker atau kanker serviks, vagina, atau vulva.

Fyi, VAIN dapat ditemukan dengan pengujian yang dilakukan untuk menyaring kanker serviks, yang jauh lebih umum daripada kanker vagina.