Penting! Deteksi Kanker Rahim, Kapan Cewek Harus Jalani Pap Smear?

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 26 Desember 2021 | 14:20 WIB
Serviks (Foto: cegahkankerserviks.org)

CewekBanget.ID - Girls, kita harus lebih mengenali tubuh kita sendiri dan rutin melakukan tes kesehatan demi menghindari berbagai risiko kesehatan yang enggak diinginkan.

Salah satu penyakit berbahaya yang kerap terlambat penanganannya karena deteksi yang terlambat adalah kanker, termasuk kanker serviks atau rahim yang berbahaya banget dan dapat mengancam perempuan.

Untuk mencegah dan mendeteksi dini kehadiran sel kanker pada rahim, ada sebuah tes medis bernama Pap smear.

Kalau masih belum familier dengan tes ini, saatnya kita kepoin agar kita dapat melakukan pemeriksaan dini dan mencegah risiko kanker rahim.

Baca Juga: Darah Menggumpal Saat Haid? Kenali Penyebabnya, Termasuk Kanker Rahim!

Pap Smear

Kita pernah mendengar istilah Pap smear enggak nih, girls?

Jadi, Pap smear atau Pap test adalah tes medis untuk mendeteksi permasalahan pada serviks atau rahim perempuan, yang merupakan bagian bawah uterus dan mengarah pada vagina.

Pap smear adalah tes yang penting untuk dilakukan sebagai bentuk deteksi sekaligus pencegahan dini atas risiko penyakit pada rahim, sebelum kita mengalami gejala yang dapat mengarah pada gangguan di rahim.

Apabila ditemukan sel-sel yang abnormal, dokter dapat melakukan tindakan dan perawatan untuk mencegah perkembangan kanker, serta mendeteksi sel kanker sejak dini agar kesempatan untuk sembuh juga lebih besar.

 

 Baca Juga: Selain Kanker Serviks, Ada 6 Jenis Kanker Lain yang Bisa Menyerang Sistem Reproduksi Cewek!