KIP Kuliah, Beasiswa Kuliah dari Pemerintah Kasih Bantuan Lebih Besar!

By None, Kamis, 3 Februari 2022 | 11:35 WIB
Ilustrasi kuliah ()

CewekBanget.ID - Sudah duduk di bangku kelas 12 SMA, girls?

Tandanya kita bakalan sibuk mengurusi kelulusan dan juga meneruskan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Bahkan hal ini sebenarnya sudah kita siapkan dari jauh-jauh hari, seperti mencari universitas dan program studi yang tepat, mendaftarkan diri, hingga ikut seleksi data dan ujian.

Salah satu yang penting lainnya adalah dengan mengambil beasiswa untuk meringankan beban perekonomian, nih.

Nah buat kita yang pengin mencari beasiswa untuk kuliah, ternyata ada banyak beasiswa kuliah yang ditawarkan dan bisa coba kita ajukan, kok.

Ada beasiswa yang bisa kita terima dari pemerintah hingga perusahaan yang bisa dipakai untuk kuliah di dalam maupun luar negeri.

Dilansir dari Kompas.com via Parapuan, salah satu beasiswa dalam negeri yang bisa kita coba daftar dari pemerintah Indonesia adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pemerintah menyalurkan bantuan dengan program KIP Kuliah sejak 2020.

KIP kuliah merupakan bantuan pendidikan perkuliahan yang bertujuan membebaskan pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi dan biaya kuliah atau pendidikan.

Di samping itu, sejak tahun akademik 2020/2021 lalu, kita yang berkesempatan memiliki KIP kuliah juga akan mendapat bantuan biaya hidup, lho!

Baca Juga: Mau Lolos Beasiswa Ke Korea Selatan? Fatima Alifha: Ada Tips Jitunya!

Selaras dengan itu, maka setidaknya ada tiga manfaat yang bisa dirasakan jika kita menjadi pemegang KIP Kuliah, yaitu:

- Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi