Lagi Sakit, Masih Boleh Olahraga? Simak Dulu Penjelasan Ahli!

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 3 Maret 2022 | 12:20 WIB
Ilustrasi cewek sakit (huffpost.com)

CewekBanget.ID - Kondisi sakit mungkin membuat kita merasa lebih mudah lemas dan enggak bersemangat untuk melakukan aktivitas fisik.

Jangankan olahraga, sekadar bergerak untuk mengambil air minum saja rasanya malas banget.

Tapi ada saja beberapa orang yang merasa enggak betah diam saja saat sakit dan memilih untuk tetap berolahraga, terlepas dari seperti apapun kondisi fisiknya.

Sebetulnya olahraga saat sakit itu boleh enggak, sih? Kalau menurut ahli kayak gimana, ya?

Dengarkan Tubuh

Kita mungkin merasa bersalah kalau skip jadwal olahraga, atau justru merasa lebih sehat setelah melakukan aktivitas fisik, karena peningkatan hormon endorfin atau karena kita orang yang berpegang teguh pada kebiasaan.

Sebetulnya, kalau tubuh kita masih bisa menangani olahraga ringan dan gejala penyakit yang kita rasakan enggak sampai mengganggu aktivitas, enggak apa-apa jika kita pengin sedikit menggerakkan badan.

Tapi jangan sampai kita memaksakan diri untuk tetap berolahraga saat sakit ya, apa lagi kalau kita sampai mengalami demam, sesak napas, hidung tersumbat, atau batuk.

Kalau sudah merasa kesulitan mendapatkan asupan oksigen, ada baiknya kita mendengarkan sinyal dari tubuh untuk mengistirahatkan diri sejenak sampai pulih.

Baca Juga: 3 Cara Rumahan yang Ampuh Mengatasi Sakit Punggung. Wajib Coba!

Jangan Membebani Diri

Beberapa penyakit membuat kita mengalami gejala seperti mual, muntah, dan diare.