Benarkah Olahraga Ringan Bisa Atasi Masalah Tidur? Ini Penjelasannya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 11 Mei 2022 | 23:56 WIB
ilustrasi olahraga (self.com)

CewekBanget.ID - Beberapa orang kadang mengalami sleep apnea atau gangguan pernapasan saat tidur.

Ini adalah salah satu penyebab orang mendengkur saat tidur.

Sleep apnea menjadi masalah tidur yang kadang mengganggu istirahat kita.

Katanya, hal ini bisa diatasi dengan olahraga ringan. Gimana penjelasannya menurut ahli?

Sleep Apnea Obstruktif

Dilansir dari Kompas.com pada Kamis (25/6/2020), sleep apnea obstruktif adalah gangguan pernapasan yang berhubungan dengan tidur.

Hal itu terungkap dalam sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan secara online di dalam Journal of Clinical Sleep Medicine.

Hingga saat ini, penelitian tersebut merupakan penelitian terbesar yang difokuskan untuk mencari hubungan antara sleep apnea dan tingkat aktivitas fisik pada masyarakat umum.

Para peneliti meninjau data gaya hidup, medis, sosio-demografi, dan kesehatan tidur yang dikumpulkan dari sekitar 155.000 partisipan dalam Ontario Health Study.

Berdasarkan aktivitas fisik peserta yang memiliki atau enggak memiliki sleep apnea, terungkap bahwa peningkatan aktivitas fisik sederhana pun berkaitan dengan pengurangan pengembangan risiko sleep apnea hingga 10%.

Aktivitas Fisik Memengaruhi Sleep Apnea

 

Penulis senior dalam penelitian tersebut, yang juga profesor epidemiologi genetik di University of Adelaide, Lyle Palmer, menjelaskan bahwa hasil penelitian tersebut menyoroti pentingnya aktivitas fisik sebagai tindakan pencegahan terhadap pengembangan sleep apnea.