Jangan Hakimi, Lakukan Ini Saat Orang Terdekat Alami Eating Disorder

By Salsabila Putri Pertiwi, Kamis, 28 Juli 2022 | 20:30 WIB
Ilustrasi eating disorder (esolla)

CewekBanget.ID - Eating disorder atau gangguan makan bukan cuma soal nafsu makan yang menurun.

Rupanya, eating disorder adalah gangguan mental terkait kebiasaan mengonsumsi makanan, yang bisa membuat seseorang makan berlebihan pada satu waktu dan enggak makan sama sekali di waktu berikutnya.

Kondisi ini jangan sampai kita sepelekan ya, apa lagi jika orang terdekat kita mengalaminya.

Yuk, lakukan hal-hal berikut ini apabila seseorang yang kita kenal dekat mengalami eating disorder. Yang jelas, jangan dihakimi ya!

Pelajari Tentang Eating Disorder

Hal terpenting dalam upaya mendukung seseorang dengan eating disorder adalah dengan mempelajari tentang hal tersebut sebanyak mungkin.

Ketahui jenis-jenis gangguan makan yang ada dan apa saja gejalanya.

Kalau orang terdekat kita menunjukkan tanda-tanda eating disorder dan belum berkata apa-apa mengenai kondisinya kepada kita, coba ajak bicara pelan-pelan dan sampaikan kekhawatiran kita serta keinginan kita untuk membantunya.

Kita juga bisa mendapat lebih banyak pengetahuan tentang eating disorder dari ahlinya, sekaligus mendampingi orang terdekat berkonsultasi mengenai kondisi mereka ketika mereka sudah siap.

Jaga Ucapan dan Perilaku

Berhati-hatilah dalam membicarakan soal makanan serta berat dan bentuk tubuh, apa lagi kalau hendak melontarkan pernyataan negatif mengenai hal tersebut di sekitar orang dengan eating disorder.

Baca Juga: 6 Tipe Orang Ini Paling Berisiko Alami Eating Disorder! Kamu Termasuk?