Bukan Cuma Kurang Minum, 9 Hal Ini Bisa Sebabkan Bibir Pecah-pecah

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Minggu, 14 Agustus 2022 | 20:50 WIB
Ilustrasi bibir pecah-pecah (Getty Images)

CewekBanget.ID - Selama ini kebanyakan dari kita mengira kalau bibir pecah-pecah disebabkan oleh dehidrasi alias kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

Yup! Memang benar dehidrasi adalah penyebab bibir pecah-pecah, namun masih banyak hal lain yang juga bisa menyebabkan masalah serupa!

Selain karena kurang minum, berikut beberapa hal yang bisa bikin bibir kita jadi pecah-pecah.

Termasuk kelebihan vitamin A dan mengonsumsi obat tertentu, lho!

Baca Juga: Bibir Pecah-pecah Enggak Banget! Atasi Pakai 5 Bahan Alami Ini

1. Infeksi jamur

Kita  bisa mendapatkan pertumbuhan jamur yang enggak menyenangkan di mulut dan bibir pecah-pecah mungkin merupakan gejalanya.

Ini terutama benar jika kita memiliki retakan di sudut mulut atau melihat gejala lain seperti bercak putih di mulut, perasaan seperti kapas di mulut,  atau rasa sakit saat menelan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

"Ketika Anda menjilat bibir secara berlebihan, air liur yang hangat dan lembap mendorong ragi untuk tumbuh, terutama ketika air liur menumpuk di sudut mulut," kata Dr. Michele Green, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York.

Dia mengatakan obat terbaik adalah menghidrasi, minum banyak air dan hindari menjilati bibir.

2. Reaksi alergi

Jika bibir terlihat seperti baru kembali dari perawatan filler, ini mungkin reaksi alergi terhadap makanan, kata Dr. Debra Jaliman, MD, dokter kulit yang berbasis di New York.