Merusak Hubungan, Kenali 4 Jenis Komunikasi Enggak Sehat Ini!

By Salsabila Putri Pertiwi, Minggu, 11 Desember 2022 | 20:40 WIB
drama Korea May I Help You? (hancinema)

CewekBanget.ID - Komunikasi menjadi salah satu hal paling krusial yang dapat menentukan keberlangsungan suatu hubungan.

Dengan komunikasi yang baik, kita bisa menjaga hubungan tetap baik pula, entah itu hubungan dengan keluarga, teman, pacar, rekan kerja, dan sebagainya.

Sebaliknya, kalau kita dan orang lain kerap melakukan komunikasi enggak sehat, hampir pasti hubungan akan berjalan dengan buruk.

Bahkan bisa jadi, hubungan kita dengan orang lain bakal rusak kalau komunikasi kita dengan mereka enggak berlangsung interaktif.

Psikolog John Gottman mendefiniskan empat jenis komunikasi yang enggak sehat dan cenderung menyebabkan kerusakan sebuah hubungan seperti berikut ini.

Jangan sampai terjadi pada diri kita, ya!

Criticism

Jenis komunikasi penghancur hubungan menurut John Gottman yang pertama adalah criticism atau kecaman.

Ini berbeda dengan menyuarakan kritik atau keluhan yang kira-kira bisa membangun atau mengarahkan kedua pihak pada solusi yang lebih baik, ya.

Kritik atau kecaman dalam situasi ini lebih bersifat ad hominem, yang berarti komunikasi dimaksudkan untuk menyerang salah satu pihak atas karakteristik mereka alih-alih menyampaikan hal yang dianggap sebagai pokok permasalahan.

Bukan berarti hubungan bakal langsung hancur gara-gara hal ini, tapi kalau terlalu sering dibiasakan, kritik dan kecaman terhadap satu sama lain akan membuat kita dan orang lain terjebak dalam siklus enggak sehat yang bikin masing-masing pihak sakit hati.

Baca Juga: Segera Jauhi, Ini Tanda-Tanda Teman Kita Toxic yang Harus Disadari!