Jangan Kaget! Ini Manfaat Kalau Kita Makan 2 Buah Alpukat Tiap Hari!

By Siti Fatimah Al Mukarramah, Sabtu, 7 Januari 2023 | 20:05 WIB
Ilustrasi alpukat (Treehugger)

CewekBanget.ID - Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung lemak enggak jenuh yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

Mengonsumsi buah yang satu ini setiap hari enggak ada salahnya karena akan mendatangkan banyak manfaat.

Salah satu manfaat buah alpukat yang mungkin masih jarang orang tahu adalah menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Kulit Cerah Pakai Lulur Alpukat Buatan Sendiri. Gini Cara Buatnya!

American Heart Association (AHA), merekomendasikan untuk membatasi sekitar 5-6 persen kalori harian asam lemak jenuh dan menggantinya dengan lemak enggak jenuh tunggal, serta lemak enggak jenuh ganda agar jantung sehat.

Nah, lemak enggak jenuh tunggal ini, bisa ditemukan dalam buah alpukat yang disukai oleh banyak orang.

Studi yang dipublikasikan di jurnal AHA menemukan, rutin mengonsumsi alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit jantung koroner.

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 62.225 partisipan cewek dan 41.701 sukarelawan cowok yang enggak memiliki riwayat penyakit jantung, stroke, ataupun kanker.

Kemudian catatan medis mereka diperiksa untuk memastikan enggak pernah ada kejadian yang berkaitan dengan penyakit jantung, serta faktor risiko lain seperti hipertensi dan diabetes tipe 2.

Untuk bisa mengumpulkan seluruh partisipan dibutuhkan waktu yang cukup lama, yakni selama 30 tahun, lho!

Dilansir dari Medical News Today, para peneliti pada akhir penelitian mencatat 14.274 kasus insiden penyakit jantung, termasuk 9.185 kejadian penyakit jantung koroner, dan 5.290 stroke.

Para partisipan cowok dan cewek yang mengonsusmi asupan alpukat lebih tinggi, memiliki asupan energi total yang lebih tinggi dan sehat.