Heboh! Terungkap Calo Wajib Militer di Korea, Gini Penjelasannya!

By Salsabila Putri Pertiwi, Rabu, 4 Januari 2023 | 20:50 WIB
Wajib Militer (foto : KBS Drama)

CewekBanget.ID - Di Korea Selatan, laki-laki berusia muda hingga dewasa dalam rentang umur tertentu diharuskan mengikuti wajib militer atau wamil.

Hampir seluruh warga negara, khususnya laki-laki, wajib mendaftarkan diri dan mengikuti pelatihan militer intens selama kira-kira dua tahun, baik itu warga negara biasa, idol, pengusaha, dan sebagainya.

Tapi ada pengecualian bagi mereka yang dianggap sebagai 'pahlawan' dan mengharumkan nama negara tersebut di dunia, serta beberapa kualifikasi lainnya.

Warga negara yang punya kondisi khusus terkait kesehatan fisik maupun mental juga biasanya ditempatkan di tingkatan terendah saat wamil, atau boleh enggak mengikuti wamil.

Nah, belakangan ini, masyarakat Korea Selatan lagi geger lantaran terungkap bahwa ada jasa calo yang menawarkan alibi 'sakit' untuk kliennya, sehingga mereka enggak perlu mengikuti wamil.

Waduh! Gimana penjelasannya, ya?

Calo Wamil di Korea Selatan

Korea Selatan terkenal memiliki kebijakan wajib militer alias wamil bagi warga negaranya, terutama laki-laki.

Selain orang yang dianggap sebagai pahlawan negara, orang dengan kondisi kesehatan tertentu, dan beberapa kualifikasi lainnya, enggak ada alasan bagi seseorang untuk enggak mengikuti pelatihan wamil.

Makanya, kita sering mendengar kabar idol K-Pop atau seleb Korea laki-laki berangkat wamil selama beberapa waktu tertentu dan berhenti sementara dari aktivitas di dunia hiburan.

Tapi belakangan ini, masyarakat Korea Selatan dihebohkan dengan terungkapnya kasus jual-beli calo wamil, yang menawarkan bantuan kepada kliennya untuk dibuat 'sakit' agar bebas dari kewajiban pelatihan militer.

Baca Juga: 5 Idol Kpop Ini Enggak Kelar Wamil atau Harus Dipindahkan karena Masalah Kesehatan